Ads

Antisipasi Bencana Longsor Bersama Warga Babinsa Kodim 0619/Pwk Cek Lokasi

SEPUTARJABAR.COM || PURWAKARTA - Dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana tanah longsor saat musim penghujan, Babinsa Koramil 1901/Wanayasa Kodim 0619/Purwakarta, melaksanakan pengecekan lokasi potensi longsor di wilayah binaannya Desa Ciawi Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta.

Bersama warga dan staf desa, Babinsa Desa Ciawi Cek langsung lokasi yang berpotensi tanah longsor. Pengecekan tersebut guna mengantisipasi adanya bahaya bencana.

"Secara rutin kami bersama warga dan aparatur Desa binaan melaksanakan monitoring wilayah yang rawan terjadinya longsor akan selalu rutin dilaksanakan sehingga dapat meminimalisir dampak yang ditimbulkan dan dapat segera melakukan pencegahan sebelum terjadi bencana," ujar Babinsa Ciawi Serka B Somantri, Kamis (18/11/2021).

Dijelaskannya, langkah yang sudah kami lakukan terhadap penanganan potensi longsor di wilayah Desa Ciawi yakni memberikan himbauan secara lisan kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap gerakan tanah yang berpotensi longsor.

"Kami laksanakan pembinaan ketahanan wilayah (Bintahwil) secara rutin kepada warga binaan, karena potensi bencana longsor di wilayah ini sangat kuat. Diharapkan dengan diketahui titik bencana dapat melakukan cegah dini," kata Serka B Somantri.
 
Selain itu, "saya menghimbau masyarakat agar waspada yang rumahnya mendekati titik rawan longsor," tambah Babinsa Ciawi.

Danramil 1901/Wny Kapten Arm Gatot Widodo menambahkan, "Untuk semua masyarakat terutama bagi warga yang tinggalnya di daerah rawan bencana longsor untuk lebih berhati-hati pada saat curah hujan tinggi apabila ada kejadian bencana baik tanah longsor maupun bencana yang lain sekecil apapun segera berkoordinasi dengan pihak Koramil dan Polsek setempat," ucapnya. (DeR)