Ads

Matangkan Persiapan PTM, Kodim 0619/PWK Bersama Pemkab Purwakarta Percepat Vaksinasi Pelajar

SEPUTARJABAR.COM || PURWAKARTA - Kodim 0619/Purwakarta, melaksanakan gebyar vaksinasi Covid-19 dari Kodam III/Siliwangi bagi pelajar usia 12 - 17 Tahun sebanyak 500 vaksin yang di gelar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Purwakarta Jalan KK Singawinata Kelurahan Nagri Kidul Purwakarta. Sabtu (28/8/2021).

Gebyar vaksinasi bagi pelajar tersebut di hadiri langsung oleh Forkopimda Kabupaten Purwakarta yakni Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Krisrantau Hermawan, Wakapolres Purwakarta dan OPD terkait Kadis Kesehatan Kabupaten, serta Kadis Pendidikan Kabupaten Purwakarta.

Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Krisrantau Hermawan mengatakan ketersediaan vaksin untuk pelajar dari usia 12-17 tahun dipastikan akan terpenuhi. Namun untuk pelajar tingkat SLTP hari ini kita menyediakan 500 Vaksin kemudian untuk SMA dan SMK sebanyak 4000 Vaksin.

"Untuk vaksinasi secara serentaknya nanti akan bertahap ke SMA - SMK lainnya nanti mulai Senin dan selanjutnya akan terjadwal," ujarnya.

Dijelaskannya, untuk capaian vaksinasi bagi pelajar di kabupaten Purwakarta dari tingkat SLTP baru tercapai 2800, sementara untuk pelajar tingkat SLTA baru tercapai 600 ribu.

"Untuk segi capaian kita masih di angka 5 persen,
jadi masih jauh. Maka untuk memaksimalkan kita akan dorong KCD dan juga dari provinsi, sehingga akan simultan dan tentunya akan sinergis karena kebijakan SMA dan SMK di bawah naungan provinsi sementara untuk kebijakan SLTP di bawah naungan Pemerintah Daerah (Pemda), maka harus kolaborasi agar percepatan vaksinasi di tingkat pelajar bisa tercapai," terang Dandim Purwakarta.

Dilokasi yang sama Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menambahkan, berdasarkan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 35 Tahun 2021, daerah yang berstatus PPKM level 3 memungkinkan untuk menggelar pembelajaran tatap muka dengan kapasitas maksimal 50 persen.

"Keinginan dari pihak sekolah, orang tua siswa dan para siswa untuk segera menggelar PTM. Untuk PTM di Purwakarta ditargetkan ada Senin 30 Agustus 2021 mendatang. Kami juga sudah melakukan pemantauan atau kemudian sudah dilakukan assessment dari Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purwakarta bersama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta dan Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Provinsi Jawa Barat," ujarnya.

Anne menyebutkan, untuk sarana prasarana rata-rata 80% sekolah itu sudah siap menggelar PTM, tinggal nanti kedisiplinan daripada anak-anak ini penting dalam pelaksanaan proses PTM itu sendiri. "Jadi para guru dan kepala sekolah itu harus terus mengedukasi anak-anak dalam penerapan Protokol kesehatannya," ungkapnya.

Maka dari itu, sambung dia, vaksinasi terhadap pelajar masih berlangsung hingga kini, dan vaksinasi pelajar SD dan SMP di Kabupaten Purwakarta diperlukan untuk menunjang dibukanya pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan secara ketat.

"Hari ini ada 4000 dosis serentak di 13 SMA, kemudian hari senin juga kita akan lakukan 4000 dosis dan sisanya di hari Selasa itu kurang lebih 2000 dosis. Jadi target 3 hari ini targetnya sebanyak 10.000 dosis. Kalau pelajar sudah divaksin semua berarti nanti PTM-nya lebih aman, lebih nyaman," tutur Bupati Purwakarta.

Anne juga mengungkapkan, pada hari Senin 30 Agustus 2021 besok bakal ada beberapa sekolah yang melakukan PTM terbatas. "Jadi ada beberapa sekolah percontohan yang menggelar PTM, kita akan lakukan pemantauan nanti bersama dengan TNI-Polri kemudian bersama dengan Disdik Purwakarta dan KCD ke sekolah-sekolah yang memang melaksanakan PTM yang dijadikan percontohan dalam penerapan nantinya," ucapnya. (DeR)