Ads

Danramil 05/JTL Kodim 0619/PWK: Jaga Kualitas Air Merupakan Tanggung Jawab Bersama

Seputarjabar.com || Purwakarta - Sebuah pemandangan berbeda di bantaran Sungai Citarum di Wilayah teritorial Koramil 05/Jatiluhur Kodim 0619/Purwakarta. Babinsa Desa Cibinong Kecamatan Jatiluhur Purwakarta bersama 5 orang anggota Koramil 05/JTL, melaksanakan kegiatan Satuan tugas (Satgas) Citarum Harum pembersihan bantaran sungai Citarum. Selasa (10/8/2021).

"Perlu di ketahui bahwa menjaga kebersihan lingkungan dan kualitas air merupakan salah satu tanggung jawab kita bersama. Guna mewujudkan dan meningkatkan tingkat kesadaran akan kebersihan lingkungan dan kualitas air secara rutin kita melaksanakan kegiatan bersama. Dan selain daripada itu guna mendukung dalam rangka mensukseskan program Nasional yakni program Citarum Harum," ujar Danramil 05/JTL Kapten Inf Gunawan. 

Menurutnya, pelaksanaan pembersihan bantaran sungai merupakan kegiatan rutin dilaksanakan anggota Koramil 05/JTL, dan Babinsa bersama warga binaannya, guna mengembalikan kualitas air disekitar aliran sungai Citarum dan menjaga kebersihan lingkungan.

"Sampah, eceng, rumput liar, bermagai macam limbah, dikhawatirkan akan mengakibatkan lingkungan yang tidak sehat dan kotor," kata Kapten Inf Gunawan.

Sementara itu, sambung Babinsa Cibinong Serka Maman S menambahkan, bersama 5 orang anggota Koramil 05/JTL dan warga binaan selalu kompak untuk turun membersihkan lingkungan dan bantaran sungai Citarum.

"Hal ini, guna menciptakan tingkat kesadaran masyarakat cinta akan lingkungan sekitar, khususnya warga masyarakat yang ada di sekitaran bantaran sungai," ungkapnya.

Pihaknya bersama jajaran akan terus mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan minimal tidak membuang sampah di sekitar sungai maupun saluran irigasi yang dapat mengganggu kelancaran aliran air.

"Mari kita jaga kebersihan dan kesehatan lingkungan dari kita dan untuk kita semua," pungkasnya. (DeR)