Ads

Patroli PPKM Darurat Koramil 1902/Pld Kodim 0619/PWK Sasar Tempat Kuliner

SEPUTARJABAR.COM || PURWAKARTA - Akhir pekan, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, di wilayah teritorial Koramil 1902/Plered Kodim 0619/Purwakarta, laksanakan Patroli Skala Besar. Minggu  (10/07/2021).

Seperti diketahui, PPKM Darurat ini diberlakukan sejak tanggal 3 hingga 20 Juli 2021 mendatang. Oleh karena itu, perlu diterapkan langkah yang luar biasa oleh seluruh aparatur pemerintah daerah, TNI dan Polri maupun stakeholder lainnya.

Patroli ini dipimpin oleh Danramil 1902/Pld Kapten Arm Rambat bersama anggota dan tim patroli gabungan dari satuan personil BKO Arhanud, Kepolisian, Satpol PP dan dari Dishub Kabupaten Purwakarta.

Patroli PPKM darurat ini dimulai dari operasi masker, pemeriksaan ketempat tempat kuliner, memberikan himbauan kepada masyarakat dan kepada pelaku usaha. Saat patroli, masih banyak ditemui warung makan pinggir jalan yang masih menyediakan kursi kursi sebagai sarana untuk makan ditempat.

"Kami memberikan imbauan sekaligus peringatan kepada para pedagang untuk tidak menyediakan kursi sebagai fasilitas ataupun sarana dimana pengunjung bisa makan ditempat. Termasuk himbauan kepada pengunjung yang makan di tempat, Sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan pemerintah, maka kami menyarankan agar dibungkus (tidak makan di tempat," kata Danramil.

Kapten Rambat juga mengatakan bahwa personel memberikan imbauan dengan persuasif dan humanis namun tetap tegas.

"Kami tetap mengedepankan tindakan persuasif dan humanis namun tetap tegas dan terukur. Pertama kami memberikan peringatan, jika sudah diberikan peringatan namun tidak diindahkan, maka kami dari Satgas Covid-19 akan melakukan tindakan yang tegas," katanya.

Hal itu terjadi ketika petugas Patroli PPKM darurat melakukan operasi yustisi bagi masyarakat yang tidak menerapkan disiplin protkes seperti tidak memakai masker saat keluar rumah.

Sementara itu, Danramil Plered Kodim 0619/PWK menambahkan, "Patroli ini dilakukan bertujuan agar masyarakat kembali mengingat protokol kesehatan untuk menekan penularan covid-19 dan aktivitas dan mobilitas masyarakat.

Dalam patroli ini, petugas juga membagikan puluhan masker kepada pedagang dan masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker. Dan para pedagang akhirnya mengerti dan memahami aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, dengan di berlakukannya PPKM Darurat guna mencegah dan mengatasi penyebaran covid-19 di semua lini.

"Semoga dengan segala upaya yang kami lakukan bersama ini dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19," ucapnya. (DeR)