Ads

Bersama Tim Patroli PPKM Darurat Koramil 01/WNY Kodim 0619/PWK Tingkat Kesadaran Masyarakat Dimasa Pandemi Covid-19

SEPUTARJABAR.COM || PURWAKARTA - Koramil 1901/Wanayasa Kodim 0619/Purwakarta tingkat Kesadaran masyarakat di masa PPKM darurat saat keluar rumah. Sehingga memaksa petugas PPKM darurat turun ke jalan.

Diketahui petugas PPKM darurat memberikan imbauan, dan memberikan masker kepada warga, guna meningkatkan tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya menerapkan disiplin protokol kesehatan (protkes) salah satunya gunakan masker saat keluar rumah.

Seperti halnya pada hari Senin (12/07/2021) para tim patroli gabungan PPKM darurat diantaranya dari sejumlah Personil BKO Yon Arhanud 14 PWY, anggota Polsek Wanayasa, Satpol-PP dan Satgas Covid-19 tingkat Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta, tengah melaksanakan Operasi Masker dalam rangka percepatan penanganan Covid 19 di wilayah teritorial Koramil 1901/WNY Kodim 0619/PWK.

Danramil 1901/WNY Kapten Arm Gatot Widodo melalui Babinsa Garokgek Serda Ajun mengatakan sejumlah petugas dari Koramil 01/WNY turun kejalan, bersama petugas PPKM darurat. Karena tingkat kesadaran sebagian masyarakat memakai masker masih sangat minim. Warga banyak mengabaikan himbauan atau anjuran pemerintah tentang penerapan disiplin protkes wajib masker saat melakukan aktivitas sehari hari.

"Pandemi penyebaran virus corona berada di depan mata kita, Purwakarta tengah di berlakukan PPKM darurat, akan tetapi kesadaran warga untuk memakai masker sebagian masih sangat rendah. Hampir setiap hari ditemukan warga yang keluar rumah tanpa menggunakan masker, terkesan tidak khawatir wabah tengah membayang-bayangi aktivitasnya," ujarnya.

Dihubungi terpisah Danramil 01/WNY, Kapten Arm Gatot Widodo menambahkan, guna mendukung penuh PPKM darurat guna mengentaskan penyebaran covid-19 di wilayah, Koramil 01/WNY secara rutin melaksanakan himbauan dan operasi masker. 

"Guna mendukung pemerintah dalam percepatan penanganan covid-19 di wilayah, saya perintahkan para Babinsa aktif turun ke lapangan bersama aparat lainnya, jangan bosan memberikan himbauan kepada masyarakat, sampaikan dengan baik dan sopan serta penuh pengertian supaya masyarakat mudah menerima pola hidup baru di tengah pandemi ini," kata Danramil.

Menurutnya, kita harus tetap optimis semakin lama kesadaran masyarakat menggunakan masker akan tumbuh dan menjadi kebutuhan seiring waktu, awalnya masyarakat sedikit apatis dan acuh tak acuh namun terlihat pelan-pelan kesadaran itu akan mulai muncul.

"Sekarang kita melihat masyarakat di jalanan menggunakan masker menjadi pemandangan biasa, hanya 1-2 saja yang belum memakainya dan langsung kita kasih masker untuk dipakai ditempat itu juga," ucapnya.

Terpantau pada sejak di berlakukannya PPKM darurat, sudah banyak aksi sosial masyarakat maupun kelompok organisasi yang membantu membagikan masker kain secara gratis untuk masyarakat sebagai upaya meningkatkan kesadaran agar terbiasa dan selalu mengenakan masker saat keluar rumah.

"Semoga partispasi masyarakat, semua segera bisa membantu mempercepat untuk mengakhiri pandemi virus covid-19 di wilayah Teritorial Kodim 0619/Purwakarta," pungkas Kapten Arm Gatot Widodo. (DeR)