Ads

Lurah Nagri Tengah: Optimalisasi PPKM Berskala Mikro, Masyarakat Harus Berperan Aktif

SEPUTARJABAR.COM || PURWAKARTA -  Dalam rangka optimalisasi Pemberlakuan pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berskala Mikro, Kepala Kelurahan Nagri Tengah Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta melakukan segala upaya sosialisasi percepatan penanganan covid-19 di tingkat lingkungan, baik itu di media sosial, pamflet, sepanduk, Radio dan secara langsung terhadap masyarakat secara bergiliran.

"Kegiatan ini bertujuan dan berharap agar masyarakat pro aktif dalam mengatasi pandemi sampai tingkat bawah, percepatan penanganan covid-19 ditingkat lingkungan masyarakat Kelurahan Nagri Tengah khususnya, umumnya masyarakat Kabupaten Purwakarta istimewa ini," ujar Lurah Nagri Tengah Engkun Kuntadi usai melaksanakan sosialisasi melalui Radio pemerintah daerah, di jalan Taman Pahlawan Purwakarta. Senin (28/6/2021).

Lurah Engkun menjelaskan dampak pasca libur lebaran kemarin Kabupaten Purwakarta menjadi zona oranye, yang mana sebelumnya kabupaten Purwakarta berada di zona hijau.

"Dari sisi ini, kami berpikir bagaimana caranya menurunkan zonanya. seperti penurunan jumlah kasus terkonfirmasi, positif, dan angka kematian," tuturnya.

Lanjutnya, Engkun membeberkan PPKM yang digerakkan adalah masyarakat. Apa yang sudah dilakukan Kabupaten Purwakarta seperti operasi yustisi, pengetatan prokes, percepatan vaksinasi, basisnya adalah Bale panggeing (Posko pengingat, Red) yang sudah diresmikan di 10 RW (Rukun Warga). Maka perlu adanya dukungan aktif dari masyarakat.

"Adapun 4 fungsi PPKM yaitu pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung. Setiap ada orang datang lakukan tracing, treatment dan isolasi. Bukan isolasi di rumah, sehingga satgas di posko panggeing harus selalu mengawasi," kayanya.

Sementara itu, Engkun menambahkan bahwa, sasaran satgas yang berada lingkungan yang berada di setiap RW harus mengetahui zona dan tempat tinggalnya.

"Dimana pelaksanaan PPKM Mikro dilakukan bersamaan, dengan PPKM Kabupaten yang terdiri dari membatasi tempat kerja. Melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring, serta melakukan pengaturan pemberlakuan pembatasan seperti jam operasional pusat perbelanjaan atau mall sampai pukul 21.00 dengan penerapan prokes yang ketat," ucapnya.

Semoga dengan segala langkah upaya yang kami lakukan di masa pandemi covid-19 dapat menjadi ikhtiar Kelurahan Nagri Tengah dalam mendukung pemerintah guna percepatan penanganan covid-19, di Kabupaten Purwakarta Istimewa. (DeR/Red).