Ads

Luar Biasa Ekspor Keramik Plered Purwakarta Tembus Pasar Eropa

Seputarjabar.com || Purwakarta - Berlokasi di Jalan  Raya Anjun, Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta Jawa Barat, pembuatan keramik Plered ini telah berlangsung secara turun temurun dan diperkirakan dimulai sejak tahun 1904.

Sejak lama Keramik Plered di Purwakarta telah dikenal oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara sebagai sentra kerajinan keramik yang memiliki daya tarik dari sisi keindahan 

Pasarnya yang telah menembus pasar Eropa diantara ke Italia, Belanda, Amerika ,Inggris, Rumania, India, Polandia, hingga ke Korea.

Saat ini, untuk tahun 2021 ekspor sampai dengan bulan Juni baru 9 kontainer sementara di tahun 2020 sempat terkendala dengan adanya aturan tidak boleh ekspor terkait dengan Pandemi Covid-19 dan sekarang di Tahun 2021 bisa berjalan lagi walaupun di Tahun 2020 ekspor tidak di perbolehkan. Namun pasar lokal yang lebih rame dan sekarang ini kembali lagi ke ekspor, sementara pasar lokal sudah mulai menurun, hal tersebut di sampaikan Kepala UPTD Pengembangan Sentra  Keramik Plered Mumun Maemunah, saat di temui awak media ini, Sabtu (12/06/2021).

"Harapan kami sebagai Kepala UPTD Pengembangan Sentra Keramik Plered  semoga sudah di perbolehkan nya lagi ekspor keramik menjadi pencerahan bagi para pengrajin  untuk meningkatkan sumber pendapatannya," harapnya.

karena, tambahnya keramik memang sudah di akui di Mancanegara karena kita tidak hanya mengirim ke satu negara melainkan ke beberapa negara yang kita kirim dan itu di akui kualitasnya cukup bagus.

"Kami harapkan juga ada perhatian dari Pemerintah Daerah untuk membantu apa yang menjadi kendali di para pengrajin semoga bisa di tanggapi," pungkasnya. (DeR/DJ)