Ads

Kuota PPDB Sekolah Negeri di Kabupaten Purwakarta Tingkat SMA Sederajat Hanya14 Ribu Siswa

(Poto; Kantor KCD Pendidikan Jawa Barat wilayah IV Purwasuka)
SEPUTARJABAR.COM || PURWAKARTA - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021 tingkat SMA, SMK dan SLB Negeri di wilayah Kabupaten Purwakarta. Diperkirakan hanya akan tertampung sekitar 14 ribu siswa sesuai kuota yang terdapat pada sekolah-sekolah negeri di wilayah tersebut.

Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Jawa barat wilayah IV Purwakarta, Subang dan Karawang (Purwasuka), Ai Nurhasan mengatakan, total penerimaan siswa dari Kabupaten Purwakarta pada PPDB tahun ini hanya 14 ribu siswa, yang akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama 7 ribu siswa dan PPDB tahap kedua 7 ribu siswa.

"Daya tampung di tahap satu 7 ribu, tahap kedua 7 ribu, jadi kita hanya bisa menampung paling banyak 14 ribu siswa untuk di sekolah Negeri," kata Ai, di Gedung Bakorwil, Jumat (25/6/2021)

Menurutnya, dalam tahap pertama sudah terdapat 16 ribu siswa yang mendaftar namun sesuai daya tampung kuota pihaknya hanya akan menerima 7 ribu siswa. "Untuk di Purwakarta yang mendaftar sudah 16 ribu tetapi yang kita terima hanya 7 ribuan, karena kuota yang diaplikasikan itu untuk 7 ribu orang," ujarnya.

Kata dia, pembatasan kuota dalam penerimaan siswa melalui jalur PPDB ini dikarenakan sekolah negeri yang berada di Kabupaten Purwakarta tidak terlalu banyak.

Namun demikian, bagi para siswa yang tidak di terima pada tahap pertama tidak perlu berkecil hati karena dapat kembali mendaftar di tahap kedua, bila di tahap kedua pun masih tidak diterima akan di salurkan ke sekolah swasta yang berada di Kabupaten Purwakarta.

"Di Purwakarta, jumlah sekolah negeri tidak terlalu banyak sehingga kita harapkan bisa memaksimalkan sekolah swasta. Untuk diketahui, pelaksanaan PPDB sudah berada di tahap kedua yang secara resmi akan dibuka hari ini, Jumat 25 Juni 2021 pukul 14.00 WIB dengan cara membuka portal https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id/," pungkas Ai Nurhasan. (DR)