Ads

Aliansi Kiansantang Guruduk DPRD Purwakarta Pertanyakan Perhatian Pemda Terhadap Korban Bencana Longsor

Seputarjabar.com || Purwakarta - LSM dan Ormas yang tergabung dalam Aliansi Kiansantang Kabupaten Purwakarta, guruduk DPRD Kabupaten Purwakarta, mempertanyakan bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap korban bencana alam yang terjadi di wilayah timur Purwakarta yakni di Kampung Cirangkong Desa Pasanggrahan Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta.

Yang mana diketahui bahwa para korban sudah 4 bulan lamanya belum mendapat perhatian khusus dari Pemda setempat. Sehingga aliansi Kiansantan menggelar audensi dengan instansi terkait bersama sejumlah anggota DPRD Kabupaten Purwakarta di aula DPRD Kabupaten Purwakarta, pada Kamis (27/5/2021).


Wakila komisi 1 DPRD Kabupaten Purwakarta Ceceng Abdul Qodir mengatakan, tentunya kami selaku wakil rakyat yang mana pengemban amanah rakyat. Dalam hal ini, kami telah memanggil instansi terkait guna mempertanyakan kendala dan solusi dalam menanggulangi korban bencana alam tersebut.

"Alhamdulillah, dengan di gelarnya audensi, telah menjadi solusi yang di harapkan dan telah menandatangani nota kesepahaman. Alhasil Pemda setempat akan menganggarkan untuk pembangunan rumah korban sebesar 300 juta rupiah," ujarnya Ceceng usai audensi.

Sementara itu, menurut koordinator aliansi Kiansantang H Elan Sopian Ketua LSM GMBI Kabupaten Purwakarta, menjelaskan, kenapa kami aliansi Kiansantang guruduk dan menggelar audensi di DPRD Kabupaten Purwakarta, karena kami merasa miris melihat para korban bencana tinggal di teras sekolah dasar (SD) dan tinggal beratapkan tenda yang tidak layak ditempati di dekat lokasi kejadian selama 4 bulan lamanya.

"Kita tunggu janji mereka, yang mana telah menganggarkan untuk pembangunan rumah korban bencana longsor dengan anggaran tak terduga sebesar 300 juta dan pemerintah daerah tengah menjanjikan akan melakukan eksen minggu depan, kita liat aja nanti. Apakah janjinya di tepati atau tidaknya, karena kami tidak butuh janji tapi bukti," tegasnya. (Red)