Ekbis

LKM Pers Suara Mahasiswa Unisba Lolos Seleksi PHP2D Dinas Pendidikan

 



Cimahi - Lembaga Kegiatan Mahasiswa (LKM) Pers Suara Mahasiswa Unisba berhasil lolos dalam seleksi kegiatan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan. Kegiatan ini berlangsung sejak bulan Agustus – Desember 2020 dengan program optimalisasi Desa Wisata berbasis digital di Desa Dayeuhkolot, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang.




Dalam program ini, Suara Mahasiswa Unisba membuat perencanaan digital marketing lewat social media untuk meningkatkan perekonomian sektor pariwisata di Desa Dayeuhkolot. Ketua Kelompok Cinta Wisata (Keciwis) Desa Dayeuhkolot, Iwan menyebut bahwa ada peningkatan dan kunjungan yang drastis pada sektor wisata Curug Goong setelah pembinaan ini dilakukan.




“Banyak pengunjung yang datang setelah program ini terlaksana, bisa mencapai 100 persen buat kenaikan nya.” Tutur Iwan, Kamis (12/11) lalu.




Kepala Desa Deyuhkolot, Budiman pun mengatakan jika program ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat desa, seperti peningkatan pengetahuan teknologi, kemampuan literasi, dan peningkatan perekonomian. Selain itu, ia juga menyebut bahwa Desa Dayeuhkolot saat ini menjadi Desa percontohan bagi Desa lain.



 

“Desa kami jadi desa percontohan buat Desa lain, bahkan Desa hingga Kecamatan yang lain minta dibuatkan website dan sosial media lain seperti desa kami.” Pungkasnya.




Salah satu masyarakat Desa Dayeuhkolot, Asep Saepudin bercerita bahwa kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat serta menambah wawasan bagi dirinya sendiri. Ia pun berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan agar Desa Dayeuhkolot terus berkarya dengan baik.(Iqn)