Ekbis

Satpol PP Kota Bandung Perketat Protokol Kesehatan 86 Warga Terjaring Operasi AKB

 


Kenakan Denda – Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) pada Satpol PP Kota Bandung mengenakan sanksi denda administrasi kepada salah seorang warga yang tidak menggunakan masker pada Ops Perketatan AKB yang digelar di  Jl. Pangaritan, Kelurahan Cipadung Kulon, Kecamatan Panyileukan, pada Rabu (11/11/2020).



BANDUNG- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung menjaring 86 warga dalam operasi Perketatan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pada Rabu (11/11). Kegiatan tersebut dilakukan di 2 kecamatan terpisah, yaitu Panyileukan dan Gedebage.



“Kita ingin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk dapat menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan peraturan wali kota (perwal) yang berlaku,” ujar Rasdian Setiadi, Kepala Satpol PP Kota Bandung.



Ia menjelaskan, warga yang terjaring operasi dikenai sanksi diantaranya pengenaan denda administrasi sebanyak 21 orang, sanksi sosial sebanyak 49 orang dan 16 lainnya teguran tertulis.



Denda administrasi masing-masing dikenakan Rp 50 Ribu. Dalam kegiatan kali ini, total denda administrasi sebanyak Rp.1.050.000 (Satu Juta Lima Puluh Ribu Rupiah). Denda tersebut dibayarkan oleh pelanggar dan disetorkan oleh Bendahara Penerimaan pada Satpol PP Kota Bandung ke Rekening Kas Daerah Kota Bandung.




SANKSI SOSIAL – Salah seorang warga yang melaksanakan sanksi sosial berupa kegiatan bebersih pada Ops Perketatan AKB yang digelar di  Jl. Pangaritan, Kelurahan Cipadung Kulon, Kecamatan Panyileukan, pada Rabu (11/11/2020).



“Sanksinya macam-macam. Ada yang dikenakan denda administrasi karena memang sama sekali tidak menggunakan masker. Ada juga yang dikenakan sanksi sosial seperti bebersih hingga menyenyikan lagu wajib nasional dan melafalkan Pancasila. Kalau teguran tertulis karena mereka membawa masker tapi tidak dipakai sebagaimana mestinya sesuai dengan protokol kesehatan,” jelas Rasdian, sapaan akrabnya.



Pemberian sanksi pun, sambungnya, tetap mengedepankan kelayakan dan kepantasan. “Petugas tentu mempertimbangkan sejumlah aspek dan berdasarkan proses. Tentu dilihat dari beratnya pelanggaran,” bebernya.



Menurut Koordinator Sub Bidang Pengamanan dan Penegakan Hukum pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung ini, puluhan warga tersebut melanggar Pasal 5 Perwal Kota Bandung Nomor 37 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Adaptasi Kebiasan Baru (AKB) dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian COVID-19, sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Perwal Nomor 52 Tahun 2020.




“Kami masih akan melakukan kegiatan serupa di 30 kecamatan yang ada di Kota Bandung,” sambungnya.




Sejalan dengannya, Dadang Ahdiat selaku Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Masyarakat dan Aparatur (PMA) pada Satpol PP Kota Bandung menambahkan, petugas menginginkan kesadaran dari masyarakat.