Ekbis

Dankodiklatad terima kunjungan Wadanjen USARPAC di Puslatpur

 




Baturaja. Deputy Commanding (Wadanjen) US Army Pacific (USARPAC), Major General Jonathan P. Braga beserta Asisten Latihan Kasad, Mayjen TNI Harianto berkesempatan untuk meninjau Latihan Ancab Kartika Yudha TA 2020. Komandan Kodiklat TNI AD, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos sebagai Komandan Latihan menerima langsung kunjungan tersebut di Pusat Latihan Tempur Kodiklatad, Rabu (18/11/2020).


Dalam sambutannya, Dankodiklatad menjelaskan kedatangan delegasi USARPAC kali ini merupakan kedua kalinya, setelah tahun lalu untuk melihat Latihan Ancab dan kondisi daerah latihan (rahlat) Puslatpur. "Selamat datang kepada Major General Braga dan rombongan, semoga TNI AD dan US Army dapat melaksanakan latihan bersama disini", ujarnya.


Selanjutnya Dankodiklatad menerangkan bahwa akan dibangun daerah latihan pertempuran kota guna melengkapi rahlat Puslatpur. "Nantinya akan dibangun Tactical Operation Center (TOC) yang dapat memonitor latihan pertempuran kota maupun manuver tingkat Brigade", tambahnya.







Kegiatan yang dilaksanakan di menara titik peninjauan dilanjutkan dengan paparan singkat mengenai Latihan Antar Kecabangan Kartika Yudha TA 2020 oleh Kolonel Arm Loebis M. Hasbi, Dirbinlat Pussenarmed Kodiklatad. Selanjutnya delegasi USARPAC berkesempatan meninjau secara langsung dinamika materi Brigade dalam Pertahanan yang dipandu oleh Dirlat Kodiklatad selaku Koordinator Umum Latihan, Brigjen TNI Haryanto, S.I.P, M.Tr (Han).


Setelah menyaksikan manuver latihan, Major General Braga mengatakan bahwa rahlat beserta fasilitas di Puslatpur Baturaja sangat ideal untuk melaksanakan latihan militer bagi US Army. Selanjutnya, dirinya berharap bahwa di tahun depan latihan bersama antara US Army dengan TNI AD di Puslatpur dapat terwujud, sehingga dapat menjadi simbol kerjasama pertahanan antara kedua negara.


Kegiatan diakhiri dengan pertukaran cinderamata, dan dilanjutkan dengan peninjauan Aula Garuda sebagai tempat Komando Latihan, serta Mako Puslatpur. (Pen)