Ekbis

Peringati Hari Anak Nasional di Masa Pandemi, RS Cahya Kawaluyaan Bagikan Masker dan Handsanitizer Pada Anak Jalanan


Bandung Barat - Sejak pandemi Covid-19 melanda, hampir semua masyarakat merasakan dampaknya, termasuk anak-anak. Namun, adanya pandemi ternyata tidak membatasi semangat anak-anak untuk tetap beraktifitas termasuk para anak jalanan.

Sebagai bentuk perhatian terhadap anak-anak jalanan di masa pandemi Corona, Rumah Sakit Cahya Kawaluyaan (RSCK) Borromeus Group membagikan ratusan masker dan handsanitizer bertepatan pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2020 di persimpangan Tol Pasirkoja-Soekarno Hatta, Kota Bandung, Kamis (23/7/20).

Menurut Kasi Humas dan Pemasaran RS Cahya Kawaluyaan Borromeus Group, Erlinawati, bakti sosial yang dilakukan selain untuk memperingati hari anak nasional, juga untuk memberikan edukasi terhadap anak jalanan tentang pentingnya melaksanakan protokol kesehatan selama beraktifitas.

"tujuannya kami ingin mengedukasi anak-anak jalanan, agar senantiasa menggunakan masker rajin cuci tangan untuk menjalankan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran dan penularan covid-19 demi keselamatan bersama," ungkapnya.

Kata Erlin, pihaknya sengaja menyasar anak jalanan karena sering melihat banyaknya anak jalanan yang sedang beraktifitas dijalan raya tanpa melaksanakan protokol kesehatan.

"Kami menyasar anak jalanan karena mungkin kami sering melihat terutama dijalanan, mereka itu terkadang entah lupa atau belum faham tentang pentingnya menggunakan masker, dan rajin mencuci tangan," katanya.

Melihat kondisi tersebut membuatnya khawatir, sehingga membuat hatinya tergugah untuk membagikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker dan handsanitizer terhadap anak jalanan.

"kami mengedukasi anak-anak jalanan ini supaya selalu menjalankan protokol kesehatan, untuk mencegah penyebaran dan penularan virus Covid-19," tambahnya.

Kegiatan bakti sosial yang dilakukan diluar rumah sakit ini, baru pertama kali dilakukan.

"kalau untuk keluar rumah sakit baru kali ini, karena hari ini kebetulan peringatan hari anak nasional jadi memang sesuai tujuannya menyasar anak jalanan. kalau di internal rumah sakit, kami senantiasa rutin menjalankan edukasi kesehatan untuk pasien dan pengunjung rumah sakit," pungkasnya.(DSt)