Ekbis

Jelang Musim Kemarau di Masa Pandemi Covid-19, Perumda Air Minum Tirta Raharja Siapkan Langkah Antisipasi Pelayanan


Kota Cimahi - Guna mengantisipasi musim kemarau bersamaan dengan masa pandemi Covid-19 di tahun 2020, PERUMDA Air Minum Tirta Raharja tetap berupaya memberikan pelayanan secara optimal kepada pelanggannya.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Humas dan Kesekretariatan PERUMDA Air Minum Tirta Raharja, Saat ini pendistribusian air minum pada masyarakat untuk di Wilayah Pelayanan Selatan, Timur dan Utara secara umum masih relatif aman. Pasalnya, Kondisi kapasitas air baku dari hulu Sungai Citarum pada Instalasi Pengelolaan Air (IPA) di Cikoneng relatif stabil untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Ciparay, Baleendah, Bojongsoang, Majalaya, Rancaekek dan Sekitarnya.

Sedangkan ketersediaan atau kapasitas air baku dari sungai Cisangkuy yang menjadi sumber air PERUMDA Air Minum Tirta Raharja untuk melayani masyarakat di Wilayah Pelayanan Selatan dan sekitarnya, mulai terjadi penurunan dan fluktuasi kapasitas.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya menghimbau pada para pelanggan di Wilayah Soreang, Banjaran, Katapang, KUtawaringin dan sekitarnya agar mulai sedia menyiapkan penampung air yang cukup, guna mengantisipasi ketidak ketersediaan air minum di saat pengaliran dari perpipaan PERUMDA Air Minum Tirta Raharja mengalami fluktuasi atau terhenti pengalirannya di rumah pelanggan.

Sementara itu pendistribusian air kepada masyarakat di Wilayah Utara, Pelayanan Air Minum PERUMDA Tirta Raharja saat ini dilakukan dari sumber air Sungai Cimahi yang diperuntukkan bagi pelanggan di Kota Cimahi, Cisarua dan sekitarnya masih relatif aman. Meski demikian, pelanggan di Wilayah Utara disarankan untuk mulai melakukan antisipasi dengan menyediakan tempat penampungan air menjelang musim kemarau, mengingat penurunan kapasitas sumber air di Wilayah Utara pada musim kemarau bisa turun lebh dari 50% kapasitas.

Berbagai upaya untuk mengantisipasi system produksi, distribusi dan instrumen lainnya, terus dilakukan PERUMDA Air Minum Tirta Raharja pada Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dengan melakukan pendistribusian dan pemeliharaan pada seluruh system produksi dan jaringan perpipaan secara periodik sebagai kegiatan rutin. Hal itu dilakukan mengingat adanya masa Pandemi Covid-19 ini relatif berdampak terhadap aktifitas operasional, serta perlu dilakukan antisipasi terhadap risiko dan kondisi kesehatan petugas operasional PERUMDA Air Minum Tirta Raharja dalam menangani persoalan dilapangan, sehingga aktifitas pemeliharaan dan pemeriksaan teknis dilakukan secara cepat, efektif dan efisien dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Adapun upaya optimalisasi pelayanan yang dilakukan PERUMDA Air Minum TIrta Raharja kepada pelanggan, bila kapasitas sumber air menurun pada musim kemarau, yakni mulai dari melakukan rekayasa jaringan pipa distribusi, monitoring tekanan air untuk menjaga kuantitas pengaliran, dan mobilisasi 6 unit armada tanki secara gratis kepada masyarakat/ pelanggan yang tidak mendapatkan air.

HIngga saat ini, jumlah sambungan rumah PERUMDA Air Minum Tirta Raharja berjumlah 103.539 Sambungan Rumah, meliputi 33.968 Sambungan Rumah di Wilayah Pelayanan Selatan, 27.351 Sambungan Rumah di Wilayah Pelayanan Utara, dan 42.220 Sambungan Rumah di Wilayah Timur.

Untuk menghadapi musim kemarau, pihaknya menghimbau pada masyarakat untuk dapat melakukan beberapa langkah antisipasi, mulai dari menyediakan tempat penampungan air, gunakan air dengan bijak, tampung air bila air masih mengalir, serta tutup kran air pada saat tidak dipergunakan.

Guna memudahkan pelanggan dalam menyampaikan keluhan pelayanan armada tanki dan membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi atau mengirim pesan ke petugas pelayanan langganan, dengan format Nama_No Pelanggan_Uraian Pengaduan ke Nomor Pengaduan Via WhatsApp :

Wilayah Pelayanan Selatan          : 08112228563

Wilayah Pelayanan Utara             : 08112228561

Wilayah Pelayanan Timur            : 08112228562



(DSt)