Ekbis

Tarik Minat Baca Anak Aplikasi "Maranggi" di Purwakarta Bisa Diakses Dengan Telepon Pintar


PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Daerah (Dispusipda) Purwakarta membuat terobosan baru dan unik dalam upaya meningkatkan minat baca pada anak - anak.

Di zaman digital saat ini, peran handphone (hp) sangatlah vital. Selain untuk berkomunikasi, saat ini hp bisa digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti, bermain game, aktifitas sosial, berbelanja secara online, hingga membaca pun bisa melalui aplikasi handphone.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Purwakarta Mohamad Ramdhan mengatakan, ada hal unik dari pelayanan ini, yaitu memberi nama dari makanan ciri khas Purwakarta yaitu Layanan Maranggi (Maca Rame - rame Ngangge Digital).

"Saat ini, kami sedang mengembangkan aplikasi perpustakaan digital yang bernama eperpus Purwakarta, aplikasi tersebut diambil dari program Layanan Maranggi, milik Perpusda Purwakarta," Ujar Ramdhan saat ditemui di Kantor Perpustakaan Digital Purwakarta, Selasa(18/2).

ia mengaku, saat ini jajarannya sedang mengembangkan aplikasi canggih tersebut, guna meningkatkan minat baca anak sekolah atau masyarakat pada umumnya.

"Pengembangan pada aplikasi ini terus kami genjot, hingga saat ini kami memiliki ribuan koleksi e-book yang dapat dibaca secara nyaman melalui hp," Ucapnya.

Kepala dinas yang akrab disapa Abah Dadan ini menjelaskan, tujuan dibuatnya aplikasi ini yaitu untuk memudahkan kebutuhan dan perkembangan teknologi bagi masyarakat Purwakarta.

"Khusus untuk mereka yang tempat tinggal atau lokasinya jauh dari perpustakaan dan siapa saja yang tidak memiliki cukup waktu luang untuk datang ke perpustakaan," Jelasnya.

Untuk mengakses aplikasi tersebut, ia menambahkan, caranya mudah, dimana masyarakat yang ingin memiliki aplikasi tersebut tinggal mengunduhnya.

"Caranya sangat mudah, tinggal unduh atau download eperpus purwakarta, melalui playstore atau appstore di hp kalian, lalu daftar menggunakan nama lengkap dan email," ucapnya. (DeR)