Ekbis

Kasdam Iskandar Muda Buka Operasi Gaktib dan Yustisi Tahun 2020


ACEH - Kasdam Iskandar Muda Brigjen TNI A. Daniel Chardin.S.E.M. membuka  Operasi Penegak ketertiban (Opsgaktib) Waspada Wira Rencong  dan Yustisi Citra Wira Rencong Polisi Militer TA 2020. Upacara tersebut berlangsung di Lapangan hijau Jasdam IM Neusu Banda Aceh, Senin (17/2/2020).

Opsgaktib  tahun 2020 ini mengangkat tema “Dengan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi TA 2020 Polisi Militer siap Meningkatkan ketaatan hukum”.

Dalam amanat Panglima TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P yang di bacakan Kasdam IM menyampaikan bahwa TNI dituntut untuk terus meningkatkan profesionalitasnya adalah disiplin yang tinggi dan salah satu upaya TNI dalam memelihara kedisiplinan yang tinggi tersebut melalui gelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Oprasi Yustisi.

Esensi  Oprasi ini adalah proses lanjut dari upaya pencegahan dan penyelesaian pelanggaran hukum bagi prajurit dan PNS TNI. Dengan demikian kepatuhan terhadap norma, peraturan dan hukum dapat ditegakkan dengan baik atas kesadaran individu maupun secara struktural formal.

“Disiplin dan tata tertib prajurit guna membangun TNI yang profesional dan menjadi kebanggaan rakyat  menuju indonesia maju,” tutup Kasdam IM bacakan amanat Panglima TNI.

Saat upacara berlangsung, Kasdam IM menyerahkan piagam penghargaan Pangdam Iskandar Muda kepada tiga prajurit berprestasi yang telah menemukan tiga tas berisi narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 19 kilogram dan puluhan ribu butir pil ekstasi di Kabupaten Aceh Tamiang.

Ketiga prajurit tersebut yakni Dandim 0117 Aceh Tamiang, Letkol Inf Deki R Putra, Danramil 04/Bdh dan Babinsa Koramil 04/Bdh Serka Annas.

Usai upacara, juga diadakan penadatangan perjanjian MOU antara Pomdam Iskandar Muda dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Aceh yang ditandatangani oleh Danpomdam IM Kolonel Cpm Zulkarnain S.H. dengan Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Aceh Safuadi yang disaksikan langsung oleh Kasdam IM.

Turut hadir Pejabat Utama Kodam, Danlanud SIM, Kasatpjr polda aceh,Wakapolresta, Danyon C Pelopor, Dansatpom AU Lanud SIM, Dansat POM AU Lanud MUS, Kasubagbinops Polres Janto, Kasatpol PP WH Aceh, Kabidtrantib Satpol PP WH Aceh dan Kacab Jasaraharja Aceh.

Upacara Opsgaktib dan Yustisi tahun 2020 tersebut diikuti POM AD, AL dan AU , Provost jajaran Kodam IM, Polri,  DLLAJ, Sat Pol PP, Bea Cukai dan  Dinas Perhubungan. Sementara dibarisan pengawal bermotor diantaranya, Lima unit Motor kawal POM AD, empat unit Sepeda Motor Kawal PJR Polda dan Lima Mobil Kawal POM AD.