Ekbis

Di Banjar Warganya Masih Membangun Rumah Secara Gotong Royong


BANJAR - Sudah menjadi adat istiadat setempat, pada saat membangun rumah, dilaksanakan secara gotong royong. Seperti halnya yang dilakukan oleh warga masyarakat di Lingkungan Bojongsari, RT 04, RW 03, Kelurahan Bojongkantong, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat

Hal inilah yang menjadi kegiatan yang langka di Negeri kita, meskipun dari cerita nenek moyang, pembangunan rumah tinggal kerap dilaksanakan secara gotong royong.

Untuk itu, Bhabinkamtibmas Polsek Langensari, Polres Banjar, Polda Jabar, Bripka Dedi Wahyudi, berbaur dengan warga masyarakat lainnya turun ikut membantu pembangunan rumah milik Bapak Ahmad, warga Bojongkantong, secara bergotong royong.

Sosok Bripka Dedi Wahyudi, adalah figur Bhabinkamtibmas yang selalu dekat dengan warga. Setiap hari dirinya selalu bekeliling dari satu rumah ke rumah lainnya, untuk memberikan himbauan Kamtibmas, atau sekedar memastikan kondisi keamanan warga kondusif, ataupun hanya sekedar ikut serta dalam kegiatan masyarakat di Wilayah Kecamatan Langensari.

Kali ini Bripka Dedi Wahyudi, ikut andil membantu warga yang sedang bergotong royong membangun rumah milik Bapak Ahmad, yang berlokasi di Lingkungan Bojongsari, RT 04, RW 03, Kelurahan Bojongkantong, Kota Banjar, Jawa Barat.

Bripka Dedi, menceritakan saat saya sedang melaksanakan Patroli DDS (Door to Door System) seperti biasanya, saya melihat kerumunan warga yang begitu semangat, bersama-sama bekerja bangunan dengan bercanda gurau lebih kurang 10 orang, karena rasa ingin tahu, saya mendekati mereka, dan mencoba mengulik, apa yang sedang warga kerjakan, dan setelah saya membaur, baru saya paham mereka sedang gotong royong membangun rumah salah satu warga.

Bapak Ahmad, selaku pemilik rumah menjelaskan bahwa hal seperti ini, yaitu kegiatan gotong royong membangun rumah sudah menjadi kebiasaan warga masyarakat yang tinggal di kampung ini.

"Selain membantu tenaga, beberapa kerabat, dan tetangga ada juga yang membantu bahan bangunan," ujar Ahmad

Terpisah Kapolres Banjar, AKBP., Yulian Perdana S.I.K., melalui Paur Subbag Humas Bripka Shandi, Selasa (18/02/2020), membenarkan apa yang telah dilakukan oleh salah satu anggota Bhabinkamtibmas, diwilayah Langensari.

"Kami sangat apresiasi Bripka Dedi Wahyudi, sosok yang memang bersahaja, serta agamis, dan disukai warganya dan terpenting kegiatan tersebut dapat memacu Bhabinkamtibmas lainnya untuk lebih pro aktif" tandasnya. (YZA)

Posting Komentar

0 Komentar