Ekbis

Jajaran Polres Purwakarta Galang Donasi Bencana Banjir


PURWAKARTA - Anggota Polres Purwakarta menggalang donasi untuk meringankan beban para korban banjir yang menimpa di wilayah Jabodetabek, pada malam pergantian tahun 2020 pekan lalu yang menyita keprihatinan banyak pihak.

"Penggalangan donasi Ini merupakan sebagai bentuk kepedulian untuk saudara-saudara kita yang terkena bencana alam di Jawa Barat seperti di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor," ujar Kapolres Purwakarta AKBP Matrius, Rabu (8/1).

Menurutnya, aksi solidaritas pengumpulan dana melalui kotak amal peduli bencana banjir yang terjadi di beberapa wilayah di wilayah hukum Polda Jabar.

"Semoga sedikit rejeki yang kami sisihkan untuk mereka dapat meringankan beban hidup yang saat ini menimpanya. Semoga bermanfaat dan menjadi amal ibadah bagi anggota Polri," ucap Matrius.

Dijelaskannya, untuk mengantisipasi banjir di wilayah Purwakarta, Lanjut Kapolres, dalam tiga bulan terakhir pihaknya sudah menanam pohon sebanyak 15.411 bibit pohon berbagai jenis yang berhasil ditanam di beberapa lokasi di wilayah hukum Polres Purwakarta.

"Selain untuk penghijauan, aksi penanaman pohon yang dilakukan oleh jajarannya tersebut merupakan salah satu kegiatan untuk meminimalisir terjadinya bencana alam longsor dan banjir," kata Kapolres Purwakarta. 

Ke depan lanjut Matrius, "Aksi penanaman pohon ini memang terus dilaksanakan di seluruh lokasi di wilayah hukum Polres Purwakarta. Sehingga gerakan ini dapat mendorong adanya kepedulian kepada lingkungan," ucapnya.

Gerakan penanaman pohon ini, ungkap Kapolres, dilakukan sebagai implementasi dari arahan kapolri. Di mana menyerukan jajaran kepolisian di seluruh Indonesia untuk melakukan aksi penanaman pohon dalam rangka pelestarian lingkungan hidup bagi kesinambungan masa depan. 

"Intinya sesuai dengan arahan Kapolri saat video conference beberapa waktu lalu agar harus melakukan aksi penanaman pohon," pungkas, Matrius sambil ungkapkan target penanaman pohon ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat tidak hanya sekarang, namun di masa depan. (DeR)