.

Apel Tiga Pilar Kecamatan Bungursari Wujud Siaga Penanggulangan Bencana Alam


PURWAKARTA - Tiga Pilar di Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta, menggelar apel siaga penanggulangan bencana alam di area halaman Kantor Kecamatan Bungursari Purwakarta. Kamis (9/1).

Camat Bungursari Kabupaten Purwakarta M.Saripul Harom S.Sos mengatakan, apel siaga penanggulangan bencana alam  bertujuan untuk mengecek kesiapan personel, dan perlengkapan, dalam menghadapi cuaca ekstrem.

"Kita apel untuk memastikan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam di tingkat kecamatan. Mulai dari kesiapan personel, elemen masyarakat, dan kesiapan peralatan serta kendaraan," katanya, Kamis (9/1).

Dijelaskannya, selain menggelar apel siaga penanggulangan bencana alam juga sekaligus menyamakan visi dalam penanganan bencana tingkat kecamatan. Dengan begitu penanganan dilapangan akan sinergis dan efektif mengatasi atau meminimalisir bencana.

"Kita bersama masyarakat berkolaborasi menyiapkan secara matang kesiapsiagaan di musim penghujan ini. Terutama dalam penanganan jika terjadi bencana banjir atau longsor," jelas Camat.

Lanjut Camat, potensi bencana di Kecamatan Bungursari tidak hanya dari tingginya curah hujan yang turun. Namun juga berpotensi dari genangan air dan meluapnya air di daerah aliran sungai (Das) yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

"Hampir di seluruh Desa berpotensi terjadi genangan yang bisa terjadi bukan karena hujan saja. Namun juga karena luapan DAS yang bisa terjadi kapan saja akibat tidak lancarnya aliran sungai yang berada diwilayah kecamatan Bungursari akibat tumpukan sampah," ucapnya.

Sambung, MP Kecamatan Bungursari Tato K Darmanto menambahkan, sangat luar bisa sekali walaupun di guyur hujan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam tetap berlangsung.

"Ini menunjukan kesiapsiagaan tiga pilar di Kecamatan Bungursari Purwakarta, sekalipun turun hujan apel terus berlangsung," ucapnya. (DeR)


Posting Komentar

0 Komentar