.

Satgas Citarum Harum Sektor 14 Bersama Komunitas Gelar Tanam 1.000 Pohon


PURWAKARTA - Menginjak musim penghujan untuk memulihkan serta menyelamatkan lingkungan, Satgas Citarum Harum Sektor 14 bersama komunitas peduli lingkungan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) melakukan penanaman 1000 pohon di lahan kritis wilayah tanggul ubrug waduk Jatiluhur Desa Cibinong Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta.

"Kegiatan ini merupakan salah satu program dari citarum harum, selain dari penertiban Kolam Jaring Apung (KJA) di wilayah perairan Danau Jatiluhur dan limbah industri, juga melaksanakan penanaman 1000 pohon," ujar, Dansektor 14 Kolonel Kav Purwadi, Minggu (29/12).

Lanjutnya, dengan ditanami pohon pohon di lahan kritis, warga sekitar turut andil dalam merawat pohon - pohon tersebut, guna upaya sebagai penahan erosi tanggul.

"Sehingga akan menimbulkan rasa tentram ketika air besar dan tidak ada kewaswasan tanggul jebol," ungkapnya.

Ditempat yang sama, salah satu dari Komunitas Peduli lingkungan Neneng, mengatakan bahwa penanaman pohon ini sangat efektif mengurangi erosi, menjaga dinding tanggul, sekaligus dapat diperoleh manfaatnya dan memperdayakan masyarakat.

"Alhamdulillah, dengan adanya penanaman 1000 pohon ini, kedepannya masyarakat kami tidak akan khawatir lagi adanya erosi dan merasa nyaman," ujarnya

Dansektor 14 Kol Kav Purwadi menambahkan, masyarakat akan jadi tahu bagaimana cara memelihara lingkungan yang baik. Dengan kita menanam pohon, hasilnya itu akan dapat dirasakan, seperti menjadi penahan erosi dan tidak gersang.

"Dengan menanam satu pohon saja itu sangat besar manfaatnya apalagi menanam ribuan pohon di tempat tempat yang sifatnya rentan terjadi erosi seperti di lahan kritis, bantaran sungai, dan seperti yang sekarang ini kita tanami pohon, yaitu di bantaran tanggul ubrug waduk Jatiluhur," pungkasnya. (DeR)

Posting Komentar

0 Komentar