Ekbis

12 Pesilat Jawa Barat Kunjungi Dua Negara Eropa Rangkaian "Menuju UNESCO"


BANDUNG - Pencak Silat sebagai salah satu khazanah kebudayaan bangsa Indonesia. Keberadaannya dikenal hingga ke mancanegara. Namun dalam perjalananannya bela diri asli Indonesia ini nyaris di klaim negara lain.

Dalam misi mulia ini sebanyak 12 pesilat asal Indonesia dari IPSI Jabar diberangkatkan ke Belanda. Sebagai rangkaian menuju pengakuan Pencak Silat sebagai budaya tak benda dunia milik Indonesia oleh UNESCO.


IPSI Jabar didaulat hadir pada workshop kendang Pencak dan Bela Diri di acara Moonson Jam International Festivals yang digelar di negara kincir angin itu. Bersama Netherlands Pencak Silat Federation bekerjasama dengan KBRI di Belanda yang digelar pada 26 September - 4 Oktober 2018.

"Kegiatan budaya Internasional akan menambah penilaian UNESCO dalam proses pengakuan Pencak Silat sebagai budaya tak benda dunia milik Indonesia di Tahun 2019" Jelas Aom Roedy Wiranatakusumah selaku Ketua Tim Delegasi IPSI Jabar kepada seputarjabar com, Selasa (25/9)

Kemudian, Perancis menjadi negara kedua yang akan dikunjungi delegasi Pencak Silat,  di Paris guna menghadiri "Undangan International event dari Islamic Culture Institute
Pencak Silat workshops
di KBRI PARIS dengan beberapa perguruan Pencak di Perancis" Kata Aom Roedy.

Keberangkatan tim IPSI Jabar menuju dua negara eropa turut mendapat dukungan dari Bank Bjb dan Pemprov jabar.(Dsc)