Ekbis

Dandim 0618/BS Kolonel Inf Arfin Dahlan Beri Edukasi Pengolahan Sampah Kepada Elemen Masyarakat dan Institusi se Kota Bandung


BANDUNG - Komando Distrik Militer (Kodim) 0618/BS Bandung menggelar program pembekalan pengolahan sampah Kepada Masyarakat. Gelaran itu dalam rangka pembekalan pengolahan sampah rumah tangga dan perkotaan di wilayah kota bandung. Acara diselenggarakan di Aula Makodim 0618/BS, Jalan Bangka No.2, Bandung, Minggu (14/01/2018).

Acara sosialisasi dan pembekalan ini dihadiri oleh elemen masyarakat serta beberapa institusi seperti Bhabinkamtibmas, kepolisian, ibu-ibu PKK, Kecamatan, Kelurahan, dan karang taruna.

Menurut Dandim Kodim 0618/BS, Kolonel Inf Arfin Dahlan, sosialisasi dan pembekalan ini penting untuk institusi-institusi yang berada diruang lingkup Pemerintah Kota Bandung, sehingga nantinya setiap institusi dapat menyampaikan pembekalan tersebut kepada masyarakat luas.

“Di Kota Bandung limbah rumah tangga dan limbah perkotaan sangat tinggi dimana hingga saat ini sampah dan limbah tersebut tidak dikelola dengan baik tapi justru dibuang kesungai atau ke tempat sampah,” ujar Dandim.

“kita menginginkan dengan kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap revitalisasi sungai Citarum, karena tidak menutup kemungkinan aliran sungai yang ada di Kota Bandung ini bermuara ke sungai Citarum dan semua aliran sungai ini membawa limbah sampah kota dan limbah sampah rumah tangga,” paparnya.

Lanjut Dandim, ini langkah dan upaya kecil yang dilakukan untuk memberikan pembekalan dan pemahaman kepada masyarakat sehingga nanti akan diteruskan kepada masyarakat luas, sehingga nantinya memiliki kesadaran terhadap sampah dan dapat menggunakan serta memanfaatkan limbah sampah rumah tangga dan limbah sampah perkotaan menjadi nilai keuntungan,” ujarnya.

Dengan kegiatan tersebut, Dandim berharap, segala bentuk olahan sampah menghasilkan Mikro Organisme Lokal untuk menyiram tanaman, pupuk kompos, peralatan rumah tangga yang terbuat dari sampah non organik dan hasil kerajinan tangan yang dihasilkan dari sampah rumah tangga dan perkotaan.