Ekbis

BKKBN Sosialisasi Komunikasi Informasi dan Edukasi Kreatif Program Kependudukan


PURWAKARTA. Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengadakan Sosialisasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Kreatif Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) bersama Anggota Komisi IX DPR RI, Drg Putih Sari. Kegiatan yang diikuti ratusan warga itu digelar di Desa Jatimekar Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta. Jumat (3/11).

Putih Sari mengatakan, bahwa program Keluarga Berencana (KB) itu bukan hanya mengatur kelahiran, tetapi bagaimana memberikan kualitas yang baik kepada anak, sejak ia lahir. "Anak yang lahir  harus mendapatkan hidup yang layak," kata Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Gerindra, Dapil Jabar VII tersebut.

BKKBN sendiri, kata Putih, merupakan mitra dari Komisi IX. Sehingga dua lembaga ini terus giat sosialisasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mensukseskan program keluarga berencana. "Mari bersama-sama menciptakan keluarga berkualitas melalui KB," kata dia.

Kekuatan pokok negara Indonesia adalah keluarga, lanjut dia sebab keluarga yang tidak menghasilkan generasi yang berkualitas, hanya akan merugikan negara. "Kekuatan negara dibangun dari kekuatan keluarga, kalau generasi yang lahir tidak hebat, maka negara akan kolaps," katanya.

Sementara itu, sosialisasi ini diisi materi dari petugas BKKBN Provinsi Jawa Barat dan DPPKB Kabupaten Purwakarta. Hadir memberikan materi, Elama Tri Yulianti Kepala Diklat Cirebon yang mewakili BKKBN provinsi, dan Asep Kusmayadi dari DPPKB Purwakarta.

Dalam materinya, Elama, mengajak masyarakat yang hadir untuk kembali mengikuti program KB. Meski begitu, pemerintah mulai mengajak masyarakat untuk merubah program KB hormonal ke program KB non hormonal. "Jadi kedepan jangan KB pil dan suntik saja, diganti dengan KB non hormonal yaitu inflan atau IUD," ujarnya.

Sementara itu menurut acara sosialisasi ini juga diisi dengan kegiatan pentas seni dari warga sekitar. Bahkan panitia juga memberikan undian berhadiah untuk warga yang beruntung. Ratusan warga nampak antusias mengikuti acara tersebut. (DeR)