» » Berlangsung Sukses !! Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, Tutup Program Bebersih Sungai Citarum – Semoga Lestari


KBB – Suasana Desa Pangauban Kec. Batujajar, Bandung, Jawa Barat (18/12/2017), hari itu tampak berbeda. Pasalnya, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. menutup Program Bebersih Sungai Citarum. Sejumlah acara yang melibatkan warga di bantaran sungai Citarum, sebagai sungai yang airnya memasok waduk Saguling, Cirata, dan Jati Luhur digelar apik di sana.

Kegiatan Bebersih Citarum yang dilaksanakan dalam rangkaian HUT ke-72 Armada RI Tahun 2017, diikuti oleh sekitar 1.500 personel gabungan dari Kotamakotama TNI Angkatan Laut wilayah Jakarta diantaranya Koarmabar, Kormar, Kolinlamil, dan Lantamal III, serta personel Kowal yang terlibat bakti sosial. Ini pun digelar dalam rangka menyambut HUT ke-55 Kowal Tahun 2018.

Program Bebersih Citarum ini melibatkanTNI, Polri, pemerintah daerah, serta elemen masyarakat Jawa Barat. Menurutnya,  ini merupakan wujud nyata Kemanunggalan TNI terhadap rakyat. TNI Angkatan Laut membantu pemerintah setempat,  mengajak masyarakat secara persuasif untuk menjaga, merawat dan serta mengembangkan potensi sungai Citarum.

Harapannya, suksesnya prigram Bebersih Citarum ini dapat memberikan kontribusi positif,  dalam upaya pelestarian dan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA). Lebih lanjut, upaya ini dapat membangkitkan rasa Cinta Tanah Air Indonesia.

“Hadirnya banyak kalangan muda dalam acara penutupan ini, semoga nasib sungai Citarum semakin baik. Kebersihannya, terjaga,” kata Pepen (37) warga Batujajar yang datang ke acara ini sejak pagi bersama rekan sekampungnya.

Aneka Lomba

Diketahui beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan, di antaranya penyuluhan kesehatan dan kebersihan kepada masyarakat setempat, pembersihan sungai Citarum, penghijauan lahan terlantar, lomba kebersihan lingkungan, dan lomba perahu serta keramba hias. Lainnya, kegiatan yang cukup banyak menyedot perhatian warga setempat – digelar demo pemanfaatan eceng gondok. Ternyata, di balik tanaman gulma eceng gondok ini, melalui tangan-tangan kreatif, dapat dihasilkan produk yang bernilai ekonomi tinggi.

Penutupan

Diketahui profram Bebersih Citarum ini telah dilaksanakan sejak14 Desember 2017. Bertindak selaku penanggung   jawab kegiatan Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos,  dan wakil penanggung jawab Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Brigjen TNI (Mar) I Ketut Suarya. Di luar itu program yang melibatkan ribuan warga ini, didukung oleh personel TNI AD, Kepolisian, Pusdiklat Passus, Polsek Citunjung, dan Anak Keluarga Baret Merah (AKBM).

Acara penutupan Bebersih Citarum ini dihadiri oleh Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Mayjen ,TNI (Mar) Gatot Triswanto, Pangarmabar Kadispotmar, Danlantamal III, dan Kepala Dinas terkait. Hadir di antarahya para Bupati di Jawa Barat, serta Jajaran dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jawa Barat, tokoh agama, tokoh Masyarakat, serta tokoh pemuda Jawa Barat.(*)



«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

1 komentar:

  1. Mainkan permaianannya Dan Menangkan Hadiahnya Hanya Disini POKERVITA.COM
    Agen Online Terbaik dan Terpercaya, Hanya Dengan Modal 10 Ribu Anda Sudah Punya Kesempatan Memenangkan Banyak Hadiahnya.
    Agen Poker Terpercaya
    BONUS CASHBACK

    Contact Us Person :
    ? LIVECHAT POKERV1TA
    ? WA: 082312256064
    ? BBM : D88B0154

    BalasHapus