» » » Pagelaran Alutsista dan Drama Kolosal Kodiklat TNI AD di HUT RI Ke - 72 Tahun 2017 Pukau Warga Kota Bandung

Foto : Kodiklat TNI AD Persembahkan Pawai Alutsista dan Hiburan Untuk Masyarakat Kota Bandung, Kamis (17/8) pagi.(Irfan)

BANDUNG - Kodiklat TNI AD turunkan Alutsista, Kendaraan Tempur dan sosio drama hibur warga Kota Bandung memperingati 72 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Kamis (17/8) Pagi. Pawai kendaraan tempur berupa Tank Leopard, Tarantula, AMX, Scorpion, Anoa, Komodo dan VW Kodok dibagi Dua kelompok dari arah Utara dan Selatan, berhenti tepat di depan Gedung Sate membentuk formasi menghadap arah Timur podium, Jalan Diponegoro, Bandung.

Berbagai Komunitas turut memeriahkan perayaan 72 Tahun Indonesia Merdeka. Sepeda Onthel, Klub Vespa hingga komunitas penghibur jalanan turut memeriahkan acara tersebut.

Musik Keroncong dikolaborasikan dengan sosio drama menggambarkan situasi di jaman perjuangan Tahun 1945. Hampir keseluruhan hiburan diperankan oleh personil Kodiklat TNI AD dipimpin Dankodiklat TNI AD Letjend TNI Agus Kriswanto, mengenakan seragam pejuang tempo dulu. Penampilan kolosal Tentara Belanda dan Noni Belanda pada jaman itu lalu para pejuang 45 dan masyarakat membaur bersama.

Kegiatan ini merupakan persembahan lembaga Komando Pendidikan dan Latihan TNI AD untuk masyarakat, guna mengingat kembali, mengenang situasi masa lalu di masa perjuangan kemerdekaan.

"Dimana kita sebenarnya memiliki Budaya dan Kesenian yang sangat bernilai tinggi salah satunya musik keroncong dan sikap perilaku masyarakatnya pada saat itu menunjukan kebersamaan, gotong royong, silih asah dan silih asuh, dimana nilai-nilai tersebut saat ini sudah mulai pudar bahkan hilang terutama pada generasi muda saat ini. Dengan demikian diharapkan generasi muda Kota Bandung bisa engetahui dan mengingat kembali bahwa kita memiliki budaya yang luhur" Kata Dankodiklat TNI AD Letjend TNI Agus Kriswanto.


Sosio drama yang dikolaborasikan dengan musik keroncong perjuangan tempo dulu menggambarkan berbagai macam kegiatan masa lalu diantaranya sentra jajanan tempo dulu seperti Kue Balok, Kue Lapis, Getuk, Klepon, Bubur, Dawet dan Jamu serta jenis makanan rebusan lainnya. Makanan tersebut juga dibagikan secara gratis kepada warga masyarakat yang melintas saat itu.

Meski Kodiklat TNI AD bukan satuan teritorial, namun kegiatan tersebut berhasil mengambil hati warga Kota Bandung.

"Melalui hiburan dan pawai yang diselenggarakan hari ini dalam rangka merayakan HUT RI Ke 72 Tahun 2017 dapat menjadi kenangan tersendiri yang tidak terlupakan oleh seluruh masyarakat Kota Bandung dan dapat dijadikan sebagai landasan semangat masyarakat Kota Bandung untuk mengisi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan nilai-nilai budaya yang luhur dan saling asah, asih dan asuh" Harapnya.

Didin salah seorang warga Antapani merasa terhibur, kegiatan seperti ini termasuk langka bagi dirinya saat melihat Tank milik TNI AD ikut pawai.

"Kalau saya tadinya bingung ada Tank kaya lagi perang, anak juga sempat foto-foto dekat tank, kapan lagi bisa foto bebas dekat Tank Tentara".(Don)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: