» » Bule Amrik dan Kepiawaiannya Main Musik Genre Keroncong, PVJ Hidupkan Keroncong Lewat The Sound of Keroncong 2017

Foto : Rumput band keroncong asal Amerika, meski berasal dari luar Indonesia, namunnkepiawaian masing personelnya dalam memainkan alat musik Keroncong tidak diragukan lagi.

BANDUNG - Keroncong adalah salah satu jenis alat musik yang memiliki Ciri khas mengeluarkan suara krong-krong-krong, yang kemudian biasanya dipadukan dalam group musik yang terdiri dari suling, biola, gitar melodi, cello dengan pizzicato style, string bass dengan pizzicato style dan satu atau dua orang penyanyi. Meskipun keroncong sendiri adalah musik yang berasal dari indonesia, namun generasi muda bangsa menganggapnya sebagai jenis musik yang ketinggalan jaman. Hal ini sangat disayangkan mengingat bahwa keroncong adalah salah satu warisan berharga milik indonesia.

Dengan alasan inilah Paris Van Java: Resort Lifestyle Place akan mengadakan event "The Sound of Keroncong 2017" pada tanggal 16 hingga 20 Agustus 2017, bertempat di Amphitheater Sky Level Garden. Tujuan dari event ini sendiri adalah turut membantu melestarikan warisan budaya Indonesia dan mengingatkan kembali pada khalayak ramai akan keindahan lagu keroncong yang eksistensinya tertelan oleh jenis musik lain yang lebih modern. Event yang akan diadakan selama lima hari berturut turut ini akan mengundang Rumput untuk turut serta meramaikan event ini dengan musik keroncong mereka yang indah. Mereka pun berkolaborasi dengan beberapa budayawan lokal seperti dalang, pemain kecapi dan juga penari-penari tradisional.

Rumput bisa dibilang satu-satunya group band keroncong dari North America. Mereka dengan bangga menerima apresiasi positif dari permainan musik keroncong mereka, terutama di indonesia sendiri. Band ini beberapa kali ikut serta dalam festival dan kompetisi musik, seperti tampil di acara yang memadukan musisi Appalachia (Daerah pegunungan yang berada di Amerika Utara) dengan indonesia bertajuk “Shadow Ballads” pada April 2016, masuk ke babak final dalam kompetisi "The Neo-Traditional” pada Agustus 2016 dan hingga sekarang aktif tergabung dalam komunitas orkestra dibawah naungan University of Richmond, Virginia bernama

”Gamelan Raga Kusuma”.

Mereka menyatakan bahwa kunjungan mereka dalam event yang diadakan oleh Pvj kali ini bisa dibilang sebagai penampilan terakhir Rumput sebelum vakum dikarenakan beberapa anggotanya akan menempuh pendidikan lebih lanjut dalam bidang keroncong, gamelan dan wayang di indonesia dalam kurun beberapa tahun.




«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: