» » » Tim Gab Operasi Jatiluhur Bersih 2017 Bergerak Tertibkan Keramba Jaring Apung


SJO PURWAKARTA. Sesuai rencana, tim gabungan Operasi Jatiluhur Bersih 2017 mulai menertibkan Keramba Jaring Apung (KJA) diperairan Waduk Jatililuhur, Kab Purwakarta, Jawa Barat, Senin (3/4).

Satgas Operasi Gabungan Jatiluhur Bersih dikomandoi Dandim 0619 Purwakarta Letkol Inf Ari Maulana membawa serta jajarannya terdiri Polres Purwakarta, Kajari dan Pemkab Purwakarta ke lokasi penertiban di Blok Pelabuhan Biru, Perairan Waduk Jatiluhur.

Menurut Ari, pihaknya menargetkan 15000 KJA selama 2017 dengan kalkulasi setiap harinya 100 KJA yang ditertibkan. Tahap awal, satgas menyisir KJA rusak untuk ditertibkan. “Pelaksanaannya Senin sampai Kamis, setiap minggunya. Dimulai hari ini,” jelas Dandim.

Operasi ini terlaksana, sebut Ari, setelah melalui proses panjang seperti melengkapi sejumlah dokumentasi dibutuhkan tim dan tahapan sosialisasi. “Alhamdulillah, saat ini telah terpenuhi semuanya,” ujar Ari.

Lebih lanjut Dandim Ari menyebutkan, operasi ini akan mengedepankan cara-cara persuasif. Untuk operasi hari ini, sebut Dandim, dikerahkan 112 personil gabungan terdiri dari Denpom, Pemkab, Satpol PP, Kodim, Kepolisian, Kejaksaan, PJT II dan unsur masyarakat.  “Harapannya selama penertiban berjalan aman dan lancar,” ujarnya.

Di tempat yang sama GM Wilayah IV PJT II Jatiluhur Mario Mora Daulay menegaskan penertiban KJA dianggap mendesak untuk menjaga ekosistem air di Waduk Jatiluhur.

“Ini pilihan tepat. Karena kondisi Jatiluhur dengan keberadaan KJA yang overload membuat tingkat pencemaran air kian buruk. Limbah KJA juga berpotensi merusak turbin pembangkit terkena korosi,” pungkasnya. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: