» » » Pemda Purwakarta Anggarkan 2,3 Miliar Untuk Program Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS)


SJO PURWAKARTA. Dandim 0619/Purwakarta Letkol Inf Ari Maulana S.Sos mengatakan, Pemda Purwakarta memiliki perhatian besar terhadap kesejahteraan warganya, salah satunya ditunjukkan melalui pembangunan infrastruktur.

"Pemda telah menganggarkan Rp.2,3 miliar dari APBD untuk program Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS). Ada pun sasarannya adalah perbaikan dan peningkatan jalan yang menghubungkan dua kecamatan, yaitu Jatiluhur dan Sukatani," kata Dandim di sela giat pra-BSMSS di Desa Cibinong, Kecamatan Jatiluhur, Jumat (7/4).
Dijelaskan Dandim, BSMSS merupakan wujud sinergitas antara Kodim 0619/Purwakarta dan Pemda Purwakarta yang pengerjaannya dibantu kepolisian, FKPPI, PPM, karang taruna, dan warga setempat.

"Waktu pengerjaannya dibagi menjadi pra-BSMSS mulai 1 April hingga 9 Mei 2017, sedangkan BSMSS dilaksanakan mulai 10 Mei hingga 23 Mei 2017 mendatang," ujarnya.

Terkait sasaran fisik BSMSS, sambung Dandim, adalah peningkatan dan perbaikan jalan sepanjang 1,5 kilometer dengan titik awal di Desa Cibinong, Kecamatan Jatiluhur hingga Desa Tajursindang, Kecamatan Sukatani.

"Kami juga melakukan pelebaran jalan yang asalnya hanya 1,5 meter menjadi 4,5 meter. Jalan tersebut juga akan di-hotmix," kata Dandim.

Terkait jumlah personel yang diturunkan, Dandim menyebutkan 150 satgas dibantu warga dari 10 desa se-Kecamatan Jatiluhur secara bergiliran.

"Setiap hari jumlah personel satgas dibantu warga yang bekerja totalnya sebanyak 300 orang," ujarnya.

Sementara itu untuk sasaran nonfisik, kata Dandim, akan digelar penyuluhan tentang ideologi dan bela negara, penyuluhan kesehatan, KB, HIV/AIDS, dan narkoba.

"Kami juga akan menggelar sunatan massal, pengobatan gratis, olahraga bersama, hingga pembuatan SIM, katanya.

Dandim berharap seluruh pihak yang terlibat dalam pra-BSMSS hingga BSMSS bisa bekerja secara ikhlas dan bersungguh-sungguh.

"Giat BSMSS yang melibatkan berbagai pihak ini akan bermuara pada kemanunggalan TNI dan rakyat," ujarnya.

Dandim yang langsung memantau langsung pelaksanaan pra-BSMSS tak segan menyapa warga yang tengah bekerja seraya memotivasi. "Salam Teritorial!" ujar Dandim.

Sekadar informasi, Asep Supriatna Camat Jatiluhur Kabupaten Purwakarta menambahkan, bahwa jalan yang menghubungkan Desa Cibinong Kecamatan Jatiluhur dan Desa Tajursindang Kecamatan Sukatani, merupakan jalur cukup padat. Karena sering digunakan warga kedua desa tersebut. Sehingga, pada saat BSMSS selesai, jalan mulus akan semakin memperlancar akses warga.

"Dampaknya akan sangat berpengaruh pada roda perekonomian warga, termasuk semakin meningkatnya harga tanah warga. Yang tak kalah penting, jalan tersebut bisa menjadi jalur alternatif bagi wisatawan yang hendak ke Gunung Parang yang kini telah menjadi salah satu tujuan wisata utama di Purwakarta." Pungkasnya. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: