» » Aliansi Sahabat Rustandi Bebersih Sampah di Bantaran Sungai Cibarengkok - Cimunjul

SJO PURWAKARTA. Jelang Hari Air Sedunia, Aliansi Sahabat Rustandi (Asri) bekerjasama dengan aktifis LSM Pemantau Kinerja Aparatur Negara (Penjara) Purwakarta sukses menggelar aksi bersih-bersih sampah di bantaran Sungai Cibarengkok-Cimunjul Kelurahan Nagri Kidul, Purwakarta, Selasa (21/3).

Koordinator Relawan Asri Dian Novi Setiawan mengatakan, sudah menjadi kewajiban relawan Asri untuk turut andil dalam menjaga dan memelihara lingkungan. Terlebih, sambung dia, momennya saat ini berbarengan dengan Hari Air Sedunia yang jatuh pada 22 Maret setiap tahunnya.

"Relawan Asri berkomitmen untuk dapat terlibat langsung dalam banyak kegiatan, baik itu bersifat sosial mau pun peduli lingkungan. Mulai dari pengobatan gratis, fogging, hingga kegiatan bersih-bersih sungai yang digelar atas kerjasama dengan LSM Penjara seperti sekarang ini," kata Dian kepada sejumlah awak media.

Pada kegiatan bersih-bersih Sungai Cimunjul tersebut relawan Asri mengusung tema "Hidup Bersih dan Sehat, Dambaan Kita Semua".

Sementara itu, Ketua LSM Penjara Purwakarta Suripto menyebutkan, pihaknya memilih Sungai Cibarengkok - Sungai Cimunjul sebagai objek pembersihan pada Peringatan Hari Air Sedunia lantaran tingkat pencemaran air di sungai tersebut kondisi memprihatinkan.

"Sungai Cimunjul sepanjang 4 kilometer melalui 92 pelaku UKM yang membuang limbahnya ke sungai ini. Maka tak heran bila Cimunjul cukup parah tingkat pencemarannya. Lihat saja, sampah didominasi oleh limbah industri rumahan dan rumah tangga," kata Suripto.

Untuk itu, lanjut dia, lembaganya menggandeng Asri yang interest dan memiliki perhatian serta kepedulian yang sama dalam menjaga dan memeliha lingkungan.

Soeripto menambahkan, kampanye Cimunjul Bersih (Cim-Ber) yang digalakkan LSM Penjara cukup berhasil. Indikasinya, kesadaran masyarakat, khususnya di sekitar kelurahan yang terlintasi Sungai Cimunjul sudah mulai membaik dan tak lagi membuang sampah ke sungai.

"Kampanye Cim-Ber akan dilakukan secara berkesinambungan hingga tujuh bulan ke depan. Harapannya, Cimunjul bisa herang dan airnya bisa dimanfaatkan masyarakat. Dan ini tak bisa lepas atas peran serta seluruh warga didua kelurahan yang ikut memelihara dan menjaga Sungai Cimunjul, yakni Kelurahan Nagri Kidul dan Kelurahan Sindang Kasih,” pungkasnya. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: