» » » Nan Jombang Dance Company Akan Bawa SangHawa ke Swedia


Foto: Penampilan Nan Jombang Dance Company di Panggung. (Dokumentasi Nan Jombang)

SJO PADANG - Grup tari kontemporer asal, Sumatera Barat, Nan Jombang Dance Company akan tampil membawakan tari SangHawa pada acara Uppsala Konsert and Kongress K.R.O.P.P, yang akan dilangsungkan dari tanggal 24 - 31 Januari 2017 di Uppsala - Swedia, dengan tema Mensyukuri Raga. Tari SangHawa hasil karya Ery Mefri ini akan disajikan oleh penari Angga Mefri dan Rio Mefri.

Acara ini merupakan pentas internasional, guna mengetengahkan karya konseptual, tari, film, talkshow, lokakarya, dengan tema yang beragam. Dijadwalkan dua hari untuk penampilan koreografi, tarian, seni pertunjukan dan ekspresi tubuh. Nan Jombang Dance Company akan tampil di hari Sabtu, 28 Januari 2017, pada jam 20.00 - 20.40 waktu setempat.

"Tak mungkin ada peluang lagi yang tersisa saat semua wanita tak ingin lagi bernafas ketika bertahta sebelum subuh," kata Ery Mefri menjelaskan sinopsis dari tari SangHawa, ketika kami wawancarai, 16/1/2017.

Di luar negeri, selain tari SangHawa, Nan Jombang Dance Company juga pernah menampilkan tari kontemporer Minangkabau lainnya, masih karya dari Ery Mefri, seperti; Rantau Berbisik, Sarikaik, Garih ka Pintu, Cangka, Sangketo Kato, Tarian Malam, dan lainnya.

Nan Jombang Dance Company adalah grup tari yang didirikan oleh Ery Mefri. Tarian yang dibawakan oleh Nan Jombang Dance Company biasanya adalah tarian kontemporer Minangkabau hasil karya Ery Mefri.

"Karya-karya tari kontemporer saya berangkat dari kesenian silat dan randai milik Minangkabau, dengan tujuan untuk melestarikan dan mengenalkannya pada nasional dan internasional. Karena saya sangat mencintai Sumarera Barat dengan Minangkabau-nya. Bisa saja pada penampilan Nan Jombang akan membuat para penonton menangis, karena karya yang saya angkat adalah tentang penderitaan-penderitaan yang biasa dialami oleh para wanita," kata Ery Mefri menambahkan.

Dan Ery Mefri juga mengatakan, "Meskipun Nan Jombang Dance Company berasal dari Padang, Sumatera Barat, ketika kami tampil, negara-negara luar mengakuinya sebagai kekayaan seni tradisi dan budaya milik Indonesia."

Tari SangHawa sudah sembilan kali ditampilkan pada beberapa negara, di acara; Festival Theater Der Welt di Mulheim An Der Rurhr Und Essen - Jerman (Juni 2010), Darwin Festival - Australia (Agustus 2010), Caims Festival - Australia (September 2010), Brisbane Festival - Australia (September 2010), OzAsia Festival - Australia (September 2010), Malay Culture Fest - Singapura (Oktober 2014), Asean Performing Arts Markest - Jepang (Juli 2016), Galeri Indonesia Kaya - Jakarta (November 2016), dan juga baru saja ditanpilkan pada acara @merika - Jakarta (November 2016).

Selain Nan Jombang Dance Company, pada acara ini juga akan ditampilkan Project O dari Inggris, Tove Sahlin / Shake It Collaboration dari Stockholm, VestAndPage (Verena Stenke and Andrea Pagnes) dari Italia, dan SU-EN dari Jepang.(MFd)






«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: