» » » Puluhan Ribu Muslim Peringati Maulid Nabi di Lapangan Gasibu

SJO, BANDUNG-Sekitar 50 ribu ummat Islam yang datang dari berbagai daerah di Jawa Barat berkumpul di Lapangan Gasibu, Senin (12/12). Kegiatan ini bertajuk "Pesantren Perekat NKRI".

Mereka ummat Islam berkumpul di Lapangan Gasibu ini untuk melaksanakan sholawat dan takbir sehubungan dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan sekaliguns mengikuti kegiatan Milad Pesantren Darut-Tauhid pimpinan Abdullah Gymnasiar (AA Gym).

Sebelumnya, yaitu pada shubuh hari, ribuan ummat Islam mengikuti sholat shubuh berjamaah di Masjid Pusdai yang dihadiri pula oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat. Sholat subuh berjamaah ini selain karena kewajiban juga dalam upaya menciptakan "Gerakan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid" yang sudah lama digagas oleh Gubernur Ahmad Heryawan, khususnya kepada para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Usai shalat shubuh berjamaah tepatnya pada pukul 06.30, mereka mengikuti gerak jalan "Sehati" dengan rute sekitar Jl.Dipenogoro, Jl.Cisangkuu, Jl.Dipenogoro dan kembali ke Lapangan Gasibu.

Tepat pada pukul 8.30 Wib, seluruh ummat Islam yang terdata berjumlah 50 ribu itu, berkumpul di Lapangan Gasibu untuk bersholawat dan bertakbir yang dipimpin oleh Aa Gym dan sekaligus mendengarkan pidato sambutan dari Gubernur Ahmad Heryawan, Kapolri Tito Karnavian, Pangdam III/Siliwangi, Herindra, yang mewakil Panglima yang berhalangan hadir dan Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

Semua petinggi Jabar dan nasional itu kumandangkan sholawat dan takbir, seraya mengajak kepada ummat Islam yang hadir di Gasibu untuk menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mereka juga mengajak untuk menjadikan Rasulullah SAW sebagai teladan dalam berbagai kehidupan manusia dan sebagai "rahmatan lil,alamin".

Secara khusus Gubernur Ahmad Heryawan mengemukakan, bahwa "dalam hubungannya dengan NKRI, pesantren selalu tampil di depan dalam mempertahankan NKRI."  Aher menyatakan kebanggaannya atas kehadiran pesantren di Indonesia, yang menurutnya adalah pola pendidikan agama Islam yang terbaik dan menjadi perekat NKRI. Aher sangat mengapresiasi kehadiran ribuan ummat Islam ini di Gasibu.

Dengan dipandu oleh AaGym, para petinggi itu secara ikhlas memberikan door prize berupa pergi umrah bagi jamaah yang hadir. Tercatat, dari Gubernur Ahmad Heryawan sebanyak 10 orang, dari Kapolri juga untuk 10 orang, dari Pangdan III/Siliwangi juga 10 orang dan terakhir dari Walikota Bandung sebanyak 6 orang. Sejumlah orang itu diumumkan diakhir acara oleh Aa Gym yang saat itu bertindak sebagai moderator acara.

Acara yang digagas oleh Pesantren Darut-Tauhid ini diadakan dalam rangka miladnya yang ke 26, dan sekaligus dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, berakhir tepat pada pukul 9.30 setelah sebelumnya disampaikan tausyiyah singkat para Kiayi.

Untuk keberhasilan dan kesuksesan acara tersebut, pihak penyelenggara menyediakan fasilitas MCK, pemeriksaan kesehatan-ambulan, pembagian makanan ringan beserta air mineral secara gartis. Menurut salah seorang petugas pembagi makanan ringan, Pesantren Darut Tauhid menyediakan ribuan box berupa roti untuk jamaah yang hadir di lapangan Gasibu.(tim)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: