» » » Pancasila Sebagai Ideologi Dasar dan Nilai Budaya Dasar Bangsa Indonesia


SJO PURWAKARTA. Pemerintah Kabupaten Purwakarta bekerja sama dengan Mabes TNI dan Polri gelar Pendidikan Kader Ideologi Kebangsaan Pancasila, yang gelar di Taman Pasanggrahan Padjadjaran Kabupaten Purwakarta. Rabu (21/12).

Para kader yang dibekali pemahaman ideologi ini segera disebar ke seluruh sekolah di Kabupaten Purwakarta dalam rangka melakukan internalisasi ideologi Pancasila sejak dini kepada seluruh pelajar di wilayah tersebut. Sebelumnya, mereka menjalani pendidikan terlebih dahulu selama dua hari di Mabes TNI.

“Kita bentuk kadernya dulu, jumlahnya 600 orang terdiri dari aparat TNI/POLRI dan unsur PNS. Mereka kita bekali dulu strategi internalisasi ideologi Pancasila di Mabes TNI, selama dua hari mereka akan kita pusatkan disana,” kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di sela Pencanangan Kader Ideologi Kebangsaan Pancasila di Taman Pesanggrahan Padjadjaran.

Sementara itu, Panglima Komandan Militer (Pangdam) III Siliwangi Mayor Jendral (Mayjen) TNI Muhammad Herindra dalam sambutannya yang di bacakan Komandan Korem (Danrem) 063 Sunan Gunung Jati (SGJ) Kolonel Inf Bahram mengatakan, Pancasila merupakan jalan tengah yang diciptakan para founding father.

"Pancasila itu jalan tengah dari semua jenis ideologi yang berkembang antara liberalisme dan komunisme. Pertentangan keduanya melahirkan perang dingin yang melanda dunia, namun para pendiri bangsa ini melahirkan Pancasila sebagai nilai-nilai budaya asli Indonesia, tanpa dipengaruhi pertentangan kedua ideologi tersebut. Karena, pendidikan Pancasila sudah jadi keharusan setiap elemen bangsa. Tutupnya. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: