» » » » Liburan Panjang Asyiknya Wisata Edukasi di Indo Wisata Permata, Kita Bisa Tau Prosesi Pembuatan Berlian

Foto : Etalase di ruang pamer Indo Wisata Permata.

SJO BANDUNG - Liburan panjang akhir tahun ini asyiknya menjajal Wisata edukasi di Indo Wisata Permata (IWP). Pusat pengolahan berlian pertama di Indonesia dan Asia ini berkonsep wisata edukasi bagi pengunjungnya, khususnya bagi mereka yang ingin mengetahui lebih, tentang teknik pemrosesan berlian dari bahan mentah hingga menjadi perhiasan berkelas.

IWP berada di kawasan bandung utara nan sejuk. Disekitarnya masih terdapat pepohonan juga pemandangan yang asri. Sehingga wisatawan tidak jenuh berwisata disini. Berikut ulasannya saat SJO bertamasya di IWP, Rabu (21/12) siang.

Pengunjung akan memasuki gedung utama Indo Wisata Permata nan megah, didesain ramah lingkungan sehingga cahaya penerangan cukup baik untuk berfoto bersama keluarga maupun swa photo.

Dijelaskan oleh Dian Permatasari selaku Humas IWP. Pengunjung akan membeli voucher seharga 50 ribu rupiah sebagai tiket masuk yang nantinya setelah melakukan tour, vouchernya dapat ditukarkan dengan makanan seharga voucher.

Pengunjung disambut oleh keramahan seorang wanita yang memiliki tugas sebagai pemandu. Pengunjung dipersilahkan memasuki pintu pemeriksaan. Kemudian pemandu akan mempersilahkan pengunjung untuk memasuki ruangan theater mini. Cahaya ruangan dimatikan, disini kita diajak bisa menyaksikan kilasan berlian sejak dari tambang di Martapura,  hingga ke tempat proses berlian terbaik di Indonesia yaitu  IWP.

Beranjak dari ruangan mini teater, wisatawan akan beralih ke ruangan selanjutnya berjalan menyusuri lorong terdapat sekat kaca dimana pengunjung hanya dapat melihat proses pengerjaan berlian dari balik kaca. Dimulai dari tahapan membuat desain hingga finishing.

Set Pertama desain, kedua pemotongan dengan laser. Masih dalam ruangan yang sama. "Disini hasil pemotongan telah 80 % namun berlian masih berwarna hitam akibat terkena sinar laser" jelas pemandu.

Sambung Dian Permatasari selaku humas IWP "Kenapa disini terpercaya, karena disini menggunakan mesin yang terbaik. Jadi kalau hasilnya tidak bagus dia langsung pecah" ungkapnya.

Tahap 3 adalah proses faset dan penghilangan warna hitam pada berlian secara otomatis.

Tahap 4, proses polish bottom. Pengerjaannya dilakukan oleh tenaga ahli dari India.

Tahap 5  adalah proses pembentukan dengan mesin. Tahap 6 terakhir proses pengilapan bagian atas berlian secara manual.

Setelah melalui seluruh proses, berlian berkualitas dengan hasil maksimal siap disajikan sesuai permintaan konsumen.

Ragam berlian mulai dari harga 1 juta hingga Miliaran rupiah terpajang lengkap di etalase ruang pamer IWP.

Dian Permatasari mengatakan "Ternyata kita juga mampu melakukan pengolahan berlian. Disini dengan teknologi canggih dengan proses pembuatan yang cepat dengan kualitas triple excellent" jelasnya.

Foto : Tiket masuk berupa voucher seharga 50 ribu dapat ditukarkan dengan salah satu menu makanan dengan harga yang sama. 

Puas melihat proses pembuatan berlian dari bahan mentah hingga berlian jadi, saatnya bersantai di kafe yang terletak di bagian luar. Hawanya sejuk membuat pengunjung makin betah berlama - lama. Makanan dengan rasa yang jelas mantab siap menggoda lidah anda.

Di lantai 2 terdapat kafe Skylight, pengunjung dapat melihat pemandangan berbukit nan hijau sembari menikmati makan malam atau menghabiskan waktu menyambut tahun baru.

Dengan adanya Indo Wisata Permata diharapkan menjadi pionir dalam memajukan bisnis pengolahan dan perhiasan di Indonesia karena bisnis ini sangat menjanjikan di masa yang akan datang. Indo Wisata Permata layak menjadi salah satu pilihan utama berwisata di Kota Bandung.

Penasaran ayo buruan ke IWP saja di Komplek Citra Green Dago Blok N 1-10, Jalan Citra Green, Cidadap, Ciumbuleuit, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. (Don)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

1 komentar:

  1. Bonus PROMO Natal 2017 Dan Tahun Baru 2018 Deposit 100 ribu dapat 50 ribu hanya di POKERVITA mulai tanggal 1 Desember 2017-1 Januari 2018BBM: D88B0154

    BalasHapus