» » Dandim 0619/Purwakarta Buka Apel Danramil dan Babinsa

SJO, PURWAKARTA. Sebagai ujung tombak TNI di daerah, Komandan Rayon Militer (Danramil) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) memiliki peranan penting di tengah masyarakat, terutama dalam mendukung dan membantu menyukseskan berbagai program pemerintah.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0619/Purwakarta Letkol Inf Ari Maulana S.Sos saat membuka Apel Danramil dan Babinsa Kodim 0619/Purwakarta Tahun 2016, di Aula Wisma Kota Bukit Indah (KBI) Purwakarta, Rabu (14/12).

"Apel ini bertujuan mempercepat proses keberhasilan pelaksanaan pembinaan teritorial guna meningkatkan Kemanunggalan TNI-Rakyat. Juga untuk mengevaluasi pelaksanaan tugas di Tahun Anggaran (TA) 2016, serta menyampaikan Kebijakan Pimpinan TNI Angkatan Darat (AD). Sehingga diperoleh kesamaan pola sikap, pola tindak, dan pemahaman dalam pelaksanaan tugas ke depannya," ujar Dandim, dalam sambutannya.

Dandim menjelaskan, melalui apel Danramil dan Babinsa tersebar TA. 2016 ini, dapat meningkatkan pembinaan teritorial sebagai fungsi utama TNI AD. “Yakni guna mewujudkan rak juang yang tangguh serta memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD,” kata Dandim

Selain itu, sambung dia, apel ini juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kinerja mengelola wilayah yang menjadi tanggung jawabnya, didukung kemampuan daya tangkal dan daya juang yang kuat.
"Sehingga mampu melakukan deteksi dini, cegah dini, dan aktif dalam mendata geografi, demografi, dan kondisi sosial yang berkembang dalam ketahanan wilayah," ujarnya.

Dandim menambahkan, ancaman nyata yang dihadapi bangsa ini pada umumnya ada tiga hal pokok, ketiganya adalah kesenjangan ekonomi, aksi terorisme yang marak baik itu dilingkup nasional maupun global, dan bahaya narkoba yang bias mengakibatkan lost generation.
"Upaya pencegahan adalah dengan mensinergikan program Kodim dan pemerintah daerah demi terwujudnya visi 2045 Indonesia Emas. Misalnya program ketahanan pangan yang bahkan telah melebihi target," katanya.

Apel Danramil dan Babinsa ini rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut. Selain Dandim, hadir sebagai pemateri di antaranya perwakilan dari Polres Purwakarta, Damkar, Dinas Pertanian, dan lainnya. Pungkasnya. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: