» » » Bupati Dedi Mulyadi Bersama Dandim 0619/Purwakarta dan Kapolrrs Pantau Misa Natal



SJO PURWAKARTA. Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi didampingi Komandan Distrik Militer (Dandim) 0619 Purwakarta Letkol Inf Ari Maulana dan Kepala Kepolisian Resort Kapolres Purwakarta AKBP Hanny Hidayat, melakukan pemantauan terhadap situasi Misa Natal di sejumlah gereja, Sabtu (24/12) malam.

Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) yang terletak di Jalan Veteran mendapat giliran pertama dalam kegiatan pemantauan ini. Setelah itu, ketiga petinggi Purwakarta tersebut langsung bergegas menuju Gereja Paroki Santa Maria di kawasan Industri Bukit Indah City (BIC) Bungursari Purwakarta.

Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka memastikan kondusifitas Misa Natal yang berlangsung di Gereja tersebut dan Gereja lainnya di Purwakarta. Sebelumnya, sejak sore hari, sebanyak 900 petugas gabungan yang terdiri dari unsur TNI, Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sudah terlihat bersiaga di seluruh Gereja dengan bantuan personel dari Barisan Ansor Serba Guna (BANSER).

Dalam keterangan persnya, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan perannya sebagai bagian dari unsur Pemerintah bersama Kapolres dan Dandim sangat vital dalam rangka cipta kondisi untuk menunjang suasana kondusif peribadatan kaum Nasrani itu. Ia menilai, pengamanan yang sudah jauh-jauh hari dipersiapkan sudah berjalan efektif dan membuat Misa Natal dapat berlangsung dengan aman.

“Kita sebagai unsur Pemerintah, disini ada Pak Kapolres, ada Pak Dandim, saya kira semuanya ingin suasana kondusif dalam setiap peribadatan umat beragama dapat terpelihara, saya lihat pengamanan dari TNI/POLRI dan Satpol PP sudah berjalan baik ya,” kata Dedi di Gereja Paroki Santa Maria.

Lebih lanjut, Dedi berujar bahwa tanggung jawab pengamanan hari raya seluruh umat beragama bukan hanya menjadi wilayah TNI dan POLRI. Dedi menegaskan pemerintah daerah harus berada di garda terdepan dalam mengawal keberlangsungan perayaan tersebut.

“Support moral dan seluruh potensi yang ada harus dikerahkan dalam rangka pengawalan kegiatan hari raya umat beragama, termasuk Malam Natal, dan perayaan hari raya agama lain. Karena agama merupakan hak yang melekat pada setiap warga Negara, sudah sepantasnya Negara hadir,” ucapnya.

Di Gereja Paroki Santa Maria, Bupati, Dandim dan Kapolres Purwakarta disambut dengan meriah oleh seluruh jemaat gereja dengan tepuk tangan. Pastur Tri Prasetyo yang mengasuh jemaat di gereja tersebut langsung menemui ketiganya dan mengucapkan terima kasih.

“Terima kasih atas kedatangannya, kita baru saja selesai melaksanakan Misa Natal. Puji Tuhan, semua berjalan dengan lancar,” ujar Pastur Tri. (DeR)


«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: