» » » Asia Timur dan Pasifik Dominasi Kerja Sama dengan Jawa Barat

SJO, BANDUNG–Sepanjang 2016 ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjalin kerja sama luar negeri yang didominasi oleh Pemerintah dari negara di Asia Timur dan Pasifik. Sedikitnya sudah ada 27 kerja sama yang dilakukan, termasuk dengan negara-negara lain di kawasan Timur Tengah, Eropa, Afrika dan Amerika.

Kepala Biro Otonomi Daerah dan Kerja sama Setda Jabar Taufiq Budi Santoso mengatakan kerja sama dengan negara di Asia Timur diantaranya dengan Republik Rakyat Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan. Sementara di Asia Pasifik dengan Australia dan Australia Selatan.

Di luar itu, kerja sama dengan negara di belahan dunia lainnya di kawasan Eropa, terutama Jawa Barat punya hubungan baik dengan Belgia, Belanda, dan Rusia. Di kawasan Afrika, kerja sama dijalani dengan Afrika Selatan sementara di Benua Amerika dengan Mexico. Beberapa negara dari benua Asia lain antara lain Sudan, Kazakhstan, Lebanon, dan Arab Saudi.

Menurutnya, kerja sama itu meliputi 13 dokumen pernyataan kehendak, dua dokumen risalah rapat, dua dokumen memorandum saling pengertian dan 10 target kerja sama.

"Bentuk kerja sama ini pun hampir menyentuh semua sektor kehidupan, dari mulai pendidikan, ekonomi, olahraga, pariwisata dan budaya, hingga misi pengembangan sumber daya manusia dan kemajuan teknologi pemerintahan," kata Taufiq kepada Tim Humas Jawa Barat, Rabu (28/12/2016) sore.

Menurutnya, sejak tahun lalu Provinsi Jawa Barat masuk dalam forum pemerintah daerah se-Asia Timur. Forum ini terdiri dari sembilan negara dan lebih dari 76 pemerintah daerah. Jadi selain hubungan bilateral dengan 27 kerja sama tersebut, juga masuk forum Asia Timur yang digagas Prefektur (Provinsi) Nara di Jepang.

Taufik mengatakan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menjadi yang paling vital dalam keberhasilan hubungan baik dan kepercayaan dari negara lain. Gubernur Aher dinilai punya kepiawaian berdiplomasi dan kecakapan dalam berpolitik luar negeri, sehingga Jawa Barat dipandang dunia internasional khususnya di forum Asia Timur.

Tahun ini ketika forum menggelar seminar, Aher mendapat kehormatan menjadi salah satu pembicaranya terkait kawasan wisata Geopark atau taman alam batuan tua di Ciletuh, Kabupaten Sukabumi untuk diajukan sebagai Global Geopark atau Geopark Internasional ke UNESCO tahun 2017.

Geopark atau kawasan wisata taman alam batuan tua Ciletuh di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mendapatkan sertifikat sebagai geopark nasional dari Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO dan Kementerian ESDM sebab telah memenuhi sejumlah persyaratan untuk sebuah taman bumi atau geopark.

“Provinsi Jawa Barat dalam masa kepemimpinan Gubernur Ahmad Heryawan ini memang terus mengembangkan komunikasi dan menjalin hubungan dengan negara lain. Tahun ini, Pak Gubernur sudah mengikuti seminar dan menjadi pembicara pada forum tersebut. Pemaparan tentang Ciletuh untuk bisa diakui dunia, maka kita gunakan forum ini,” ucapnya.

Testimoni Kerja sama

Contoh kerja samanya antara lain bisa dilihat pada 17 Mei 2013. Kala itu, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menerima kunjungan Duta Besar Singapura untuk Indonesia, Anil Kumar Nayar demi membicarakan keamanan ekonomi kawasan.

“Jawa Barat adalah salah satu provinsi terpenting yang ada di Indonesia. Maka, meningkatkan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat adalah hal yang sangat diperlukan,” ujar Anil Kumar saat ditemui di Gedung Sate, Jumat, (17/05/2016) siang.

Kunjungan Duta Besar lain juga dilakukan oleh Negara Perancis, yakni Corine Breuze yang melakukan pertemuan dengan Ahmad Heryawan di Gedung Sate, Rabu (23/04/2014) siang. Kunjungannya membicarakan seputar keinginan mereka bekerja sama membangun Jawa Barat, terkait banyaknya potensi di provinsi yang dinilai merepresentasikan Indonesia secara keseluruhan.

“Dubes Perancis memberi tawaran kerja sama di kereta api, monorel, dan geothermal. Namun, minat investasi Perancis di Jawa Barat ini masih paparan umum. Jadi, masih harus kami pertimbangkan kembali,” ujarnya.

Jawa Barat memang memiliki pesona sendiri untuk tujuan investasi asing. Di tahun 2015 lalu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mendapat kunjungan Duta Besar Belgia untuk Indonesia Patrick Herman.

“Kunjungannya ke Gedung Sate adalah untuk membicarakan seputar investasi teknologi dari Belgia di Bandung, Bogor, dan Karawang. Di tahun-tahun sebelumnya Raja Philippe dari Belgia pun pernah melakukan kunjungan berbicara soal investasi di Jabar. Jawa Barat memang masih menjadi primadona investasi,” katanya, seperti dalam catatan Tim Humas Jabar.

Besarnya potensi di Jawa Barat membuat Belgia konsisten melakukan investasi. Pada tanggal 12-19 Maret 2016, Putri Belgia Astrid melakukan kunjungan ke Bandung, Bogor dan Karawang demi implementasi pembangunan di bidang manufaktur, infrastrutur, pertanian, maritim, dan bidang potensial lainnya. Kunjungannya terlebih dahulu dilakukan ke Gedung Sate guna mengungkapkan antusiasmenya untuk berinvestasi di Jawa Barat.(*)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

4 komentar:

  1. Yuk daftarkan diri anda bersama kami DEWALOTTO
    minimal depo wd cuma 20 ribu..^_^

    BalasHapus
  2. Selamat Siang :) Mau mendapatkan bonus deposit 50 ribu?
    segera deposit di POKERVITA dan dapatkan bonus menariknya!!
    hanya dengan deposit 100 ribu anda akan mendapatkan bonus deposit 50 ribu
    promo ini berlaku mulai tanggal 1 Desember 2017 - 1 Januari 2017
    tunggu apa lagi segera daftarkan diri anda dan dapatkan bonus nya!!

    Contact kami:
    LIVECHAT P`0`K`E`R`V`1`T`A .com
    BBM : D88B0154

    BalasHapus
  3. ayo bergabung diajoqq , silakan coba keberuntungan anda disini dan menangkan ratusan juta rupiah,hadiah menantikan
    anda silakan bergabung invite pin bb#58cd292c

    BalasHapus
  4. Numpang Promo ya Bos
    Welcome
    POKERVITA

    DAFTAR POKER
    POKER TERPERCAYA
    POKER TERBAIK
    POKER TERNYAMAN
    POKER TERBAIK
    TRAILER FILM
    Contact Us Person :
    LIVECHAT P`0`K`E`R`V`1`T`A .com
    BBM : D88B0154
    Salam Sejahtera untuk kita semua ^^

    BalasHapus