» » » Ribuan Warga Ikuti Bakti Sosial TNI AL di Desa Pangauban Batujajar


SJO BANDUNG - Ribuan warga Desa Pangauban, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat antusias mengikuti bakti sosial TNI AL. Pengobatan massal seperti operasi katarak dan khitanan gratis terselenggara bagi masyarakat Pangauban.

"Untuk operasi telah dilakukan kemarin di RS Salamun (Bandung -Red) sebanyak 1 orang dari calon sebanyak 60 orang. Hari ini masih dilakukan seleksi. Kami sediakan 20 pasien. Namun, kalo lebih tidak masalah" Kata Kepala Rumkit TNI AL Mintoharjo, Kolonel Laut (K) Dr Wiweka MARS di lokasi kepada seputarjabar.com.

Foto : Tenda Operasi Medis Lapangan dari Yonkes 2 Marinir disiapkan bagi masyarakat Desa Pangauban.

Prosedur pemeriksaan awal bagi masyarakat sebelum tahapan operasi dilakukan. Bagi yang belum memerlukan tindakan bedah mata, Rumkit juga menyediakan Ratusan kacamata baca gratis.

"Katarak bisa dioperasi jika betul matang atau matur. Nah dari hasil pemeriksaan baru kita bisa tentukan dapat dioperasi. Ada yang Terigium, ada yang gulanya tinggi dan hipertensi jadi hanya diberikan pengobatan. Pemberian kacamata baca, target hingga 100" Ucap Kolonel Wiweka.

Adapun program yang dilaksanakan adalah renovasi 2 unit mushala, 1 unit rumah tidak layak huni, penyerahan berbagai bantuan, yaitu sembako untuk anak yatim piatu dan lansia sebanyak 1.000 paket, bantuan bibit cabai sebanyak 1.000 pohon, pembagian buku bacaan sebanyak 1.000 eksemplar.

Selain itu, juga digelar pelayanan kesehatan gratis di antaranya pengobatan massal, operasi katarak, dan khitan dengan melibatkan dokter dan para medis dari Dinas Kesehatan Angkatan Laut dan Rumah Sakit  Lapangan Yonkes 2 Marinir.(Don)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: