» » » » » » Menang di Mahkamah Agung Warga Terkena Dampak PLTA Cisokan Malah Telan Pil Pahit


SJO BANDUNG - Warga Terkena Proyek PT PLN pada PLTA Cisokan, Kabupaten Bandung Barat kembali harus menelan pil pahit pasca dimenangkannya sengketa pada tingkat kasasi di Mahkamah Agung (MA) RI. Harapan hukum ditegakkan kandas seketika, portal penanda pada objek sengketa dibongkar pihak PT PLN Upper Cisokan.

Roedy Wiranatakusumah SH, MH, MBA selaku kuasa hukum warga, Sulton, menyayangkan aksi tersebut. Dirinya memperlihatkan rekaman video kepada awak media, Senin (21/11) lalu. Dalam rekaman tersebut terdengar dialog warga dengan pihak lawan. Aparat berseragam terlihat memegang senjata laras panjang.

Pada tanggal 16 Juni 2016 hasil putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 160K/TUN/2016 telah dimenangkan oleh Sulton. Berdasarkan putusan tersebut pada tanggal 11 Oktober 2016 melalui Kuasa Hukum, Sulton memasang portal dan plang di atas tanah atas tanah miliknya" ungkap Aom Roedy Wirkus sapaan akrab Roedy Wiranatakusumah kepada wartawan saat jumpa pers di Kafe Kalimasada, Jalan Kalimantan, Selasa (22/11) sore.

Berikut tulisan dalam plang  :

“DILARANG KERAS MELEWATI TANAH INI !!

TANAH INI MILIK AHLI WARIS ALM. SANUSI BERDASARKAN PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 160K/TUN/2016

PELAKU PELANGGARAN DAPAT DIPIDANA.

KABUPATEN BANDUNG BARAT 3 SEPTEMBER 2016

KUASA HUKUM

ROEDY M. WIRANATAKUSUMAH MBA,SH.,MH

"Selama 3 hari Sulton dan warga setempat secara bergantian menjaga portal dan selama itu PLN tidak berani melewati portal tersebut. Pada hari ke-4 tiba-tiba sejumlah petugas PLN, aparatur pemerintah kabupaten Bandung Barat dan BRIMOB Jabar dengan senjata laras panjang datang ke lokasi tanah milik ahli waris Sanusi (Sulton) dan memaksa membongkar portal serta plang bahkan mengusir keluarga ahli waris dan warga yang pada saat itu sedang berjaga. Salah satu warga yang sempat mengambil foto dan video pada saat kejadian tersebut sempat diintimidasi oleh anggota BRIMOB dan diminta untuk memberikan ponselnya. Hal ini membuat warga tersebut ketakutan dan tertekan secara psikis," ungkap Roedy.


Dikatakan lebih lanjut oleh Roedy, kejadian itu tentu saja merupakan perbuatan melawan hukum terhadap putusan Mahkamah Agung RI yang memiliki kekuatan hukum tetap. Pihak PLN memperlihatkan sifat arogansinya dengan memposisikan instansinya berada di atas hukum dan mengingkari pernyataanya sendiri melalui surat ditujukan kepada Sulton tertanggal 13 Mei 2016 ditanda tangani oleh Moch. Hasmanto, PLH General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah I (Manager Bidang Perencanaan), yang isinya menyatakan bahwa apabila putusan permohonan kasasi pihak Mumun dkk tidak dikabulkan oleh Mahkamah Agung, maka PLN akan meminta pemohon pihak kasasi harus mengembalikan pembayaran ganti rugi kepada PLN dan akan disampaikan secara hukum kepada sdr. Sulton selaku ahli waris dari Alm. Sanusi.

"Dalam hal ini disinyalir PLN melakukan penyalahgunaan uang negara dalam proses pembelian tanah warga untuk proyek Upper Cisokan Pump Storage yang merupakan proyek negara terbesar di ASEAN. Pelanggaran hukum yang masih terjadi hingga kini ialah masih terdapat tanah warga yang belum dibayar dan telah dirusak untuk pembangunan access road. Indikasi korupsi dan pelanggaran hak azasi manusia dalam proyek Upper Cisokan sudah menjadi rahasia umum dan salah satu warga pernah mengirim surat ke Komisi Pemberantasan Korupsi tentang apa yang terjadi dan di alami warga. Sebagai informasi tambahan bahwa pihak ahli waris (Sulton) telah melaporkan Mumun dkk. ke Polda Jabar atas tindakan pemalsuan dokumen kepemilikan tanah dan beberapa dokumen lainnya," Roedy Wiranatakusumah.


Aom Roedy yang juga sebagai maha guru pada "Silat Sunda Institute" berharap hukum berpihak kepada kebenaran.

"Saya berharap hukum ditegakan seadil-adilnya" Harap pria yang berjasa mengembangkan kesenian Silat Sunda dan memiliki padepokan silat di beberapa negara eropa itu.(Don)





«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

2 komentar:

  1. Gabung Di Sini Bersama Kami Di kelinci99.com Dapatkan Freechip 5000 Setiap Hari NYa.....

    BalasHapus
  2. Haloo yukk silahkan bermain bersama kami di kelinci99 dan dapatkan freechips nya setiap harinya dengan permainan Togel dan 9 Games yang bisa dimainkan dengan 1 userid saja lo silahkan..

    BalasHapus