» » » KASAD Buka Lomba Peleton Tangkas Periode II TA 2016

SJO, BANDUNG -. Bertempat di lapangan upacara Yudha Wastu Pramuka Pusdikif Pussenif Kodiklat TNI AD, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono secara resmi membuka pelaksanaan Lombaan Peleton Tangkas TNI AD Periode II TA. 2016. Lomba ini akan diikuti oleh 15 Kontingen yang terdiri dari 2 Divisi Kostrad dan 13 Kodam.

Pembukaan Lomba Peleton Tangkas ditandai dengan penyematan tanda peserta dan penyerahan piala bergilir dari Kasad kepada panitia penyelenggara.

Dalam amanatnya Kasad mengatakan Tujuan dari perlombaan ini adalah untuk melihat dan mengevaluasi hasil pembinaan satuan yang telah dicapai oleh Satpur maupun Satbanpur dari aspek ketangkasan. Hasil dari kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu tolok ukur untuk mengetahui nilai-nilai sportifitas, soliditas, profesionalitas, militansi dan jiwa juang prajurit, sehingga dapat dipantau sejauh mana implementasi dari pembinaan satuan dalam rangka menjaga kesiapan operasional  satuan untuk menghadapi berbagai tugas TNI AD.

Sedangkan sasaran yang ingin dicapai dalam lomba ini, lanjut Kasad antara lain untuk meningkatnya semangat juang, jiwa korsa dan karakter keprajuritan, meningkatnya semangat belajar dan berlatih prajurit, serta meningkatnya kemampuan perwira di dalam kepemimpinan lapangan.

Dalam lanjutannya Kasad memberikan penekanan akan pentingnya nilai kejujuran dan integritas dalam membentuk dan menyiapkan satuan yang terpilih mengikuti Lomba Ton Tangkas ini. “Saya berharap agar upaya yang ditempuh oleh TNI Angkatan Darat untuk menjamin obyektivitas penilaian hasil pembinaan satuan melalui Lomba Ton Tangkas ini, tidak ternodai oleh tindakan-tindakan tidak sportif dari peserta”, tegas Kasad. Orang nomor satu di TNI AD ini memberikan contoh tindakan-tindakan tidak sportif seperti merekayasa nominatif personel dan tindakan-tindakan tidak terpuji lainnya.

Perlombaan Peleton Tangkas ini akan dilaksanakan selama 6 hari mulai tanggal 24 November hingga 1 Desember 2016, adapun materi yang dipertandingkan yaitu lari, renang militer, ilmu medan (teori dan aplikasi), How to Find the Fighter (HTF), menembak senapan, menembak pistol, lintas medan dan Permildas.  Pada hari pertama diperlombakan materi renang militer, star pertama di buka oleh Kasad dan dilanjutkan dengan lomba materi teori ilmu medan yang dilaksnakan di ruang kelas.

Khusus untuk materi lomba  Yong Moodo kali ini digantikan oleh materi Permildas, dengan pertimbangan kemampuan bela diri Yong Moodo sudah diujikan pada Lomba BDM Yong Moodo dan Lomba Demo BDM Yong Moodo. Adapun, lomba materi Peraturan Militer Dasar (Permildas) bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan prajurit tentang sikap-sikap dasar keprajuritan.

Pada akhir amanatnya Kasad menekankan kepada seluruh peserta agar tetap menjaga semangat dan jiwa pantang menyerah, senantiasa menjunjung tinggi sportifitas dan kejujuran dalam meraih prestasi, serta menjalin persahabatan, soliditas dan solidaritas sesama Prajurit maupun kontingen.

Selain itu,  senantiasa memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan diri selama berlomba dan menghindari tindakan memaksakan diri apabila kondisi fisik tidak memungkinkan, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. (Penerangan Sdirum Kodiklat TNI AD)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: