» » » Presiden Jokowi Lantik Ignasius Jonan Sebagai Menteri ESDM, Archandra Wakil Menteri

SJO, JAKARTA - Presiden Joko Widodo melantik mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM, di Istana Negara, Jumat (14/10) siang.

Ignasius Jonan dilantik sebagai Menteri ESDM sisa masa jabatan 2014-2019 menggantikan pejabat sebelumnya Luhut B. Pandjaitan berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 114P Tahun 2016 tentang Pengangkatan Menteri ESDM Kabinet Kerja dengan sisa masa jabatan 2014-2019, ditetapkan di Jakarta tanggal 14 Oktober 2016.

Pengambilan sumpah jabatan pelantikan dilakukan langsung dihadapan Presiden.

Dalam pelantikan ini juga dilantik mantan Menteri ESDM Archandra Tahar sebagai Wakil Menteri ESDM sisa masa jabatan 2014-2019 berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 115P Tahun 2016 tentang pengangkatan Wakil Menteri ESDM tanggal 14 Oktober 2016.

Seusai kegiatan pelantikan, Presiden Jokowi memperkenalkan Ignasius Jonan sebagai Menteri ESDM dan Arcandra Tahar sebagai Wakil Menteri ESDM.

“Setelah sekian lama kosong, siang hari ini telah saya lantik Pak Ignasius Jonan. Saya kira semuanya sudah kenal sebagai Menteri ESDM. Dan Pak Arcandra Tahar sebagai Wakil Menteri ESDM. Saya kira enggak usah saya kenalkan juga, sudah sangat terkenal,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi meyakini keduanya adalah figur-figur profesional yang tepat, yang berani, yang punya potensi untuk melakukan reformasi besar-besaran di ESDM.

“Ini isu manajemen. Jangan ditarik ke isu-isu personal atau isu-isu politik, ini isu manajemen,” tegas Presiden.

Selain itu, Presiden juga mengetahui bahwa tugas tersebut bukanlah hal yang mudah. Namun beliau yakin, Menteri dan Wakil Menteri ESDM yang baru dilantiknya akan bisa menyelesaikan masalah-masalah yang ada di ESDM dan bisa menjadi sebuah team work yang baik.

“Meskipun saya tahu dua-duanya keras kepala, tapi suka terjun ke lapangan,” kelakar Presiden yang disambut tawa para jurnalis.

Mendampingi Presiden dalam pelantikan itu antara lain Menko Polhukam Wiranto, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri KLH Siti Nurbaya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Menkumham Yasona Laoly, dan Jaksa Agung Prasetyo.(tim)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: