» » » » Pemkot Bandung Larang Pemakaian Kemasan "Styrofoam"

SJO, BANDUNG -- Pemerintah Kota Bandung melarang penggunaan kemasan styrofoam mulai 1 November 2016. . Pelarangan dalam bentuk surat edaran ini bakal diterapkan secara bertahap dengan penunjukan beberapa kawasan sebagai pionirnya.

Menurut Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, aturan itu diterapkan setelah melakukan serangkaian kajian. Selain, tak ramah lingkungan, kemasan berbahan gabus juga berbahaya bagi kesehatan.

Emil menjelaskan, aturan larangan penggunaan styrofoam mengacu pada Peraturan Daerah K3 (Kebersihan, Ketertiban dan Keindahan) serta Undang-Undang No 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan.

Terkait larangan itu Walikota meminta jajarannya segera membuat surat edaran terkait larangan penggunaan styrofoam untuk kemasan pangan. Pria yang karib disapa Emil tersebut meminta kepala BPLH Kota Bandung segera melakukan sosialiasi.

Pemkot Bandung juga sudah menyiapkan sanksi bagi pengusaha atau pedagang yang masih menggunakan styrofoam.

"Sanksi kita skenariokan tiga kali, terakhir mencabut izin usaha. Walaupun berupa imbauan, kan harus mengikuti norma perilaku bisnis di Kota Bandung, Yang sifatnya industri saya minta dalam waktu dua minggu BPLHD menghadap pada kantor yang memproduksi itu untuk memindahkan dari styrofoam ke karton," tandasnya."kata Emil.

Kepala Bagian Hukum Pemkot Bandung Bambang Suhaeri memastikan, pihaknya bersama dengan Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bandung saat ini tengah merampungkan rancangan payung hukum bagi peraturan pelarangan styrofoam ini. Ia menyebut, bentuknya bakal berupa surat edaran.

Payung hukum yang disebut Bambang adalah Undang-undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah. Untuk penerapan sanksi terkait sampah, Bandung juga sudah memiliki Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan (K3). Ada tiga jenis sanksi yang diatur, yakni administratif, pidana, dan denda paksa.

Kepala BPLH Kota Bandung Hikmat Ginanjar menyatakan, BPLH sudah mengantongi kajian dari tim ITB perihal permasalahan sampah di Bandung. Termasuk di dalamnya persoalan terkait penggunaan styrofoam. Hikmat berjanji membuka hasil kajian itu bersamaan dengan rampungnya pembahasan surat edaran tentang pelarangan styrofoam nanti.

Penggunaan styrofoam telah dilarang di sejumlah kota besar dunia, seperti London dan New York. Di Indonesia, Bandung bakal menjadi kota pertama yang menerapkannya.(tim)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

3 komentar:

  1. Selamat Datang
    S1288poker.com
    Menang Ceme
    Bandar Ceme
    Ceme Online
    Ceme 99
    Qiu Ceme
    Contact Person :
    WA : 087782869981
    BBM - 7AC8D76B

    BalasHapus
  2. mari daftarkan segera di s128agenorg untuk mendapatkan duit berjuta-juta

    BalasHapus
  3. KLIK DISINI Banyak Promo Menarik Yang Menguntungkan

    BalasHapus