» » » Pangdam Siliwangi Tutup TMMD Ke-97 Tahun 2016

SJO, PURWAKARTA. Panglima Kodam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Muhammad Herindra M.A, M.Si menutup secara resmi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 Tahun 2016 di di Lapangan Desa Cileunca, Kecamatan Bojong, Rabu (19/10).

Lebih kurang satu bulan lamanya sejak 20 September 2016, para prajurit, pemkab, dan segenap komponen masyarakat telah bekerja sama dengan penuh kebersamaan yang dilandasi semangat kegotong-royongan dan kemanunggalan menyelesaikan program TMMD ke-97.

“Kebersamaan ini merupakan sinergitas positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, termasuk membantu pemkab dalam menyiapkan dan memperbaiki infrastruktur, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bersama,” ujar Pangdam saat menyampaikan amanat Kepala Staf AD Jenderal TNI Mulyono selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD.

Dalam amanat tersebut, juga disampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiil karena berkat kerja keras dan kesungguhan dari semua unsur, kegiatan TMMD ke-97 dapat terselenggara dengan aman dan lancar sesuai yang telah direncanakan.

"Pada TMMD ke-97 tahun 2016 ini telah menyelesaikan sebanyak 165 sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di berbagai wilayah Kodam di seluruh Indonesia. Di antaranya pembangunan sarana transportasi berupa pembangunan jalan baru, pembuatan  jalan  makadam,  rabat  jalan, peningkatan  jalan,  betonisasi  jalan, semenisasi serta  penimbunan, pelebaran dan pengerasan jalan." ujar Jenderal Bintang Dua ini.

Selain itu,  sambung Pangdam, TMMD  tahun  ini  juga  melaksanakan pembangunan infrastruktur lainnya yaitu pembuatan dan rehab jembatan, pembuatan tanggul dan gorong-gorong, pembangunan halte, pembuatan pos kamling, pembuatan sarana olah raga, serta renovasi dan pembangunan rumah ibadah serta sekolah. "Termasuk juga pembangunan sarana sanitasi dan pusat-pusat kegiatan masyarakat." Kata Pangdam.

Disamping sasaran fisik, sambungnya, TMMD juga telah menyelesaikan sasaran non-fisik berupa penyuluhan  kepada  masyarakat  tentang Bela Negara dan Ketahanan Nasional. "Pembangunan non-fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka memelihara dan  memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa yang di lancarkan melalui Proxy War." Ujarnya.

Usai membacakan amanat KASAD, Pangdam didampingi Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi SH dan Dandim 0619/Purwakarta Letkol Cahyadi Amperawan S.IP langsung meninjau lokasi TMMD berupa infrastruktur jalan sepanjang 7,7 kilometer dan lebar 5,5 meter yang menghubungkan Desa Kertasari, Kecamatan Bojong dan Desa Sukajadi, Kecamatan Pondoksalam. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: