» » » Meneladani Semangat Berkorban Para Pahlawan

SJO, PURWAKARTA. Komandan Kodim (Dandim) 0619/Purwakarta Letkol Czi Cahyadi Amperawan S.IP beserta jajaran TNI lainnya di wilayah Purwakarta melakukan giat ziarah dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke - 71 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sirna Raga Kabupaten Purwakarta. Senin (4/10).

Dandim bertindak sebagai Inspektur Upacara, sedangkan Komandan Upacara dipercayakan kepada Kapten Arm Asep Somantri

Tampak hadir dalam ziarah tersebut Wakil Bupati Purwakarta Drs H Dadan Koswara, Danmen Sthira Yhuda, Danyon Armed 9, Kapolres Purwakarta, para Danramil, para Kapolsek, LVRI, dan lainnya.

Kegiatan ziarah diawali dengan penghormatan umum kepada para Pahlawan Kusuma Bangsa dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga dan tabur bunga oleh Dandim diikuti jajaran muspida.

Ditemui usai pelaksanaan ziarah, Dandim mengatakan, tujuan ziarah ini selain untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur, juga untuk meneladani semangat rela berkorban para pahlawan.

"Ziarah ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya dan mengandung makna yang sangat dalam, yakni mengingatkan bagi kita yang masih hidup untuk berbuat yang terbaik untuk negara dan bangsa, serta dapat meneladani semangat berkorban para pendahulu kita." ujarnya.

Dandim, menambahkan, ziarah ini sebagai sarana dan wahana untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan antar sesama, anak bangsa, juga mengajak kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI untuk dapat meresapi dan merenungkan setiap perjuangan para pahlawan yang telah mengharumkan Bumi Pertiwi demi perjuangan merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Selain itu kegiatan ziarah ini memiliki arti yang sangat penting, yaitu sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendarmabaktikan jiwa raganya kepada nusa dan bangsa, juga sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa menghargai jasa para pahlawannya,” kata Dandim.

Sementara itu Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Purwakarta Kohar Rusmana mengatakan, pihaknya mengapresiasi perhatian Dandim yang selalu melibatkan dan mengundang LVRI dalam berbagai kegiatan Kodim.

"Salah satunya diundang menghadiri ziarah ini. Di mana kita bisa berdiri sejajar dengan para muspida," ujar veteran yang memiliki pangkat terakhir Kapten Kopassus ini. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: