» » » » Korban Longsor Sumedang Akan Direlokasi

SJO, SUMEDANG-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) meninjau secara langsung lokasi longsor serta tempat pengungsian korban di Gedung Olahraga Tadjimalela, Jl. Pangeran Sugih No. 42, Kabupaten Sumedang, Jumat sore (23/9/16). Pada kesempatan ini, Aher mengatakan bahwa pihaknya bersama Pemda Kabupaten Sumedang akan memindahkan korban longsor yang rumahnya ada di kawasan rawan bencana.

"Yang jelas Insya Allah, kami pemerintah, baik Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Pemerintah Kabupaten Sumedang akan menanggulangi dengan baik urusan jangka pendek atau jangka panjangnya," ujar Aher saat meninjau para pengungsi didampingi Bupati Sumedang Eka Setiawan.

"Bentuk-bentuknya akan kita bicarakan bersama, yang jelas kami tidak ingin bapak atau ibu kembali ke tempat tinggal yang sama, jadi harus pindah ke tempat yang aman," lanjutnya.

Aher pun memberikan apresiasi kepada para pihak seperti BNPB, BPBD Jabar, Tagana, pihak TNI dan Polri, serta berbagai pihak lainnya yang telah dengan sigap membantu penanggulangan bencana longsor di Kabupaten Sumedang, sehingga bantuan untuk warga pengungsi telah terkumpul dan bisa disalurkan dengan baik.

Namun, Aher juga meminta kepada para pihak yang ingin membantu para korban agar terlebih dahulu berkoordinasi dengan Pemda Kabupaten Sumedang. Hal ini dimaksudkan agar bantuan tepat, sehingga warga pengungsi menerima bantuan yang memang benar-benar dibutuhkan. Di Gedung Olahraga Tadjimalela ini tercatat ada 1.087 warga dari 304 kepala keluarga yang terpaksa mengungsi.

Secara simbolis, pada kesempatan ini Aher juga menyerahkan bantuan dari Pemprov Jawa Barat serta Kementerian Sosial RI yang diberikan kepada Bupati Eka Setiawan. Bantuan tersebut berupa peralatan mandi, keperluan wanita, pakaian dalam pria dan wanita, P3K, perlengkapan dan makanan bayi, makanan cepat saji, serta bantuan lainnya. Selain itu, BNPB juga memberikan bantuan berupa peralatan kebersihan, seperti tisu muka, pembersih lantai, kain pel, ember dan gayung plastik, plastik sampah, serta peralatan kebersihan lainnya.(*)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: