» » Keluarga Besar NU Lakukan Aksi Kemanusiaan di Garut dan Sumedang

SJO, BANDUNG - Merespon kejadian bencana banjir dan longsor di Garut dan Sumedang yang terjadi pada Selasa malam, 20 September 2016, Nahdlatul Ulama (NU) di Garut dan Sumedang langsung tanggap melakukan aksi kemanusiaan di lokasi kejadian. Sejak Rabu pagi, 21 September 2016, relawan Nahdlatul Ulama yang berasal lembaga dan badan otonom di Garut dan Sumedang  telah menurunkan lebih dari 250 relawan untuk melakukan evakuasi di lokasi kejadian baik di Garut maupun di Sumedang. Kemudian juga mendirikan Posko Bersama NU Peduli Bencana sebagai pusat operasi, pusat komando, dan pusat koordinasi semua aktivitas kemanusiaan tersebut. 

Menurut Juru Bicara Posko Peduli Bencana Garut, Subhan Fahmi, selain membantu evakuasi, saat ini relawan Nahdlatul Ulama juga sedang melakukan kaji cepat untuk mengetahui dampak kejadian dan kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat terdampak di lokasi kejadian. “Relawan kami yang berjumlah lebih dari 150 terlibat dalam kegiatan evakuasi di sejumlah titik dan di saat yang hampir bersamaan juga melakukan kaji cepat dampak dan kebutuhan” kata Fahmi yang juga Ketua PC GP Ansor Kabupaten Garut. 

Sementara itu, menurut Koordinator Posko Bersama NU Peduli Bencana Sumedang, Fahrizal Fauzi, Posko NU sudah menyalurkan bantuan dalam bentuk makanan dan kebutuhan pokok kepada masyarakat di sejumlah titik yang terdampak. Bantuan tersebut kami peroleh dari partisipasi masyarakat di Sumedang” kata Fahrizal yang juga yang juga Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Kabupaten Sumedang.

Koordinator Tim Tanggap Darurat LPBI NU PBNU, Yulistianto menambahkan, saat ini kami juga terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak terkait terutama Pemerintah Daerah. Hal ini penting dilakukan agar kegiatan bantuan kemanusiaan yang kami lakukan tepat sasaran, sesuai dengan kebutuhan dan benar-benar dapat membantu masyarakat terdampak.

Pengurus dan warga Nahdlatul Ulam di sekitar Kabupaten Garut dan Sumedang seperti Tasikmlaya juga telah menyerahkan bantuan dalam bentuk kebutuhan pokok, karpet, pakaian dan lain-lain kepada masyarakat terdampak di Garut dan Sumedang. Aksi tersebut merupakan merupakan solidaritas dari warga dan Pengurus NU di daerah sekitar Garut dan Sumedang.

Sementara itu, Ketua PP LPBI NU PBNU, M. Ali Yusuf menyatakan bahwa keluarga besar Nahdlatul Ulama akan terus melakukan kegiatan kemanusiaan di Garut dan Sumedang sesuai dengan kebutuhan. LPBI NU juga akan melakukan kajian secara berkala agar diperoleh gambaran yang utuh tentang situasi dan kondisi di lokasi kejadian serta akan terus berkoordinasi dan bersinergi dengan semua pihak.  Ali Yusuf sangat mengapresiasi kepedulian masyarakat terutama di Garut dan Sumedang yang dengan cepat membantu saudara mereka yang terdampak bencana. Ali Yusuf juga berharap kepada masyarakat dan para pihak yang akan membantu agar sedapat mungkin memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan di lapangan berdasarkan informasi resmi dari Pemerintah terutama dari BNPB dan BPBD Kabupaten Garut dan Sumedang.(rls)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: