» » » BBPKH Cinagara Gelar Bimtek Pemotongan Hewan Kurban

SJO, BOGOR - Menjelang pelaksanaan Hari Raya Iduladha 1437 Hijriyah yang jatuh pada 12 September 2016 mendatang, Balai Besar Pelatihan  Kesehatan Hewan Cinagara Bogor bekerjasama dengan MUI Kabupaten Bogor mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemotongan Hewan Kurban secara gratis untuk pengurus/panitia  DKM / Yayasan Hewan Kurban di wilayah kabupaten Bogor. Kegiatan Bimtek ini dilakukan untuk memberikan panduan kepada pelaku penyembelihan/jagal dalam tata cara penyembelihan hewan qurban yang baik dan benar serta menjamin ketentraman masyarakat terhadap daging hewan qurban yang halal dan thoyyib (baik).

Bimtek dilaksanakan hari Kamis, 1 September 2016 di BBPKH Cinagara di hadiri oleh Kapala Balai BBPKH Cinagara, MUI Kab. Bogor dan Perwakilan Dinas Petenakan dan Perikanan Kab. Bogor. Dalam Bimtek tesebut, para peserta mendapatkan materi tentang, syariat islam dalam penyembelihan hewan kurban, tata cara memperkirakan umur hewan, perobohan Sapi/Kambing (simpul tali perobohan dan pengikatan sapi), pengasahan pisau, penyembelihan, penentuan kematian sempurna, pengulitan dan pemotongan karkas, penanganan jeroan serta pengemasan daging. Narasumber berasal dari MUI Kabupaten Bogor, Tim Juru Sembeleih Halal BBPKH Cinagara dan Tim Bucher BBPKH Cinagara.

Bimtek digelar selama satu hari dimulai pukul 08.00 s.d 15.00 WIB di halaman kantor BBPKH Cinagara, diikuti perwakilan DKM tiap kecamatan di wilayah Bogor Selatan Kabupaten Bogor yang sudah melakukan pendaftaran sehingga total berjumlah 70 orang. Kepala BBPKH Cinagara Bogor, drh. Djajadi Gunawan, MPH menjelaskan, bimtek lebih menekankan pada upaya peningkatan pengetahuan dan kemampuan para penyembelih hewan kurban demi mendapatkan daging kurban yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, kami berharap kegiatan ini merupakan awal yang baik dalam rangka menyediakan daging hasil sembelihan yang halal dan toyyib (baik).(RLS)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: