» » » Api PON XIX Tiba di Gedung Sate

SJO, BANDUNG-Rombongan pembawa api PON tiba di Gasibu, Jum'at (16/9) pukul 16:30 WIB. Anak-anak Sekolah Dasar berbaris rapi di sepanjang jalan Diponegoro sambil memegang bendera Indonesia berukuran mini, mulut mereka asik menyanyikan lagu Halo-halo Bandung.

Barisan pembawa api PON dipimpin oleh atlet bulu tangkis ganda putra legendaris dunia asal Indonesia Ricky Subagja dan didampingi Iie Sumirat maestro
bulu tangkis tahun '70-an yang tergabung dalam anggota "The Magnificent Seven" bersama Rudi Hartono berangkat dari Balai Kota Bandung kemudian tiba di Lapangan Gasibu yang kemudian diserahkan langsung oleh Riky Subagja kepada Gubernur Jawa Barat yang sekaligus Ketua Umum PB PON XIX, Ahmad Heryawan.

Perjalanan kirab api Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 diperkenalkan Ahmad Heryawan sebagai perjalanan kirab api terpanjang sepanjang sejarah PON.

Melintang sejauh 1004,5 kilometer mulai dari kawasan Balongan Kabupaten Indramayu pada Senin, 05/09, hingga ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang dijadwalkan akan tiba besok Sabtu, 17/09. "Kita daftarkan perjalanan kirab PON ini ke MURI untuk mendapatkan rekor, dan MURI sudah setuju," kata Aher, sapaan  akrabnya.

Penerimaan kirab api PON di Gasibu juga dihadiri beberapa atlet. "Ada 19  atlet legenda yang hadir disini," kata Aher. Beberapa diantaranya ada Susi Susanti, Alan Budikusuma, Taufik Hidayat, Ajat Sudrajat, Ade Ray, dan hadir juga  peraih medali emas bulu tangkis ganda campuran di olimpiade Rio, Tantowi Ahmad.

Sekali dayung, dua tiga pulau terlampui. Selain penerimaan estafet kirab  PON, Aher juga menjadikan momen ini untuk peresmian perpustakaan Gasibu, air mancur, dan jogging track. "Meskipun lapangan Gasibu belum selesai, tapi beberapa  tempat sudah bisa digunakan. Renovasi tahap II akan dilanjutkan membentang ke arah  utara sampai ke monumen Perjuangan rakyat Jawa Barat," kata dia.

Arak-arakan api PON akan dilanjut esok. "Api Pon akan berjalan lagi dari  sini (Gedung Sate), jam 8 pagi menuju GBLA," ucap Aher kepada para wartawan.api akan disemayamkan di Stadion GBLA sebagai tanda PON XIX dan Peparnas XV 2016  dimulai. rencananya, Presiden RI Joko Widodo akan hadir dalam perhelatan tersebut. (*)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: