» » » 75 Medali Diperebutkan Sebelum Opening Ceremony

SJO, BANDUNG–Secara resmi gelaran PON XIX/2016 Jawa Barat akan dimulai pada 17 September 2016 mendatang. Namun ada 14 cabang olahraga (cabor) yang sudah mulai dipertandingkan dengan memperebutkan 75 medali.

14 Cabor tersebut diantaranya Hockey Indoor, Sepak Bola, Bola Voli Pasir, Polo Air Putra, Gantole, Futsal, Berkuda Pacu, dan Paralayang yang akan mulai bertanding pada 13 September. Sementara Drumband dan Renang (14 September), Judo dan Catur (15 September), Dayung dan Selam Kolam (16 September).

Sementara 75 medali yang diperebutkan, yaitu 9 medali pada 14 September, 19 medali (15 September), 22 medali (16 September), dan 25 medali (17 September).

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan pihaknya optimis meskipun secara resmi PON belum dimulai, namun dia ingin kontingen Jawa Barat mencuri start dengan memanfaatkan medali yang bisa diraih sebelum Opening Ceremony. Hal ini dia ungkapkan usai meninjau venue dan persiapan para atlet cabor Wushu dan Tarung Derajat Jabar di Gor Pajajaran serta Judo dan Sepatu Roda Jabar di Gor Saparua, Kota Bandung, Minggu sore (11/9).

“Saya ingin di pertandingan-pertandingan awal yang 75 medali itu – sebelum tanggal 17 September, Jawa Barat bisa menjadi peraih medali paling banyak,” ungkap Aher.

“Tentu target angkanya ada di KONI Jawa Barat ya. Kalau saya hanya bisa bilang kita harus menjadi peraih medali yang terbanyak,” lanjutnya.

Sementara itu, Aher juga mengatakan bahwa pihaknya sengaja meninjau langsung persiapan atlet Jawa Barat untuk memberikan motivasi secara langsung. Selain itu, pertemuan dengan para atlet ini dilakukan sekaligus untuk mengecek kesiapan akhir venue.

 “Ternyata mereka (atlet) ketika langsung dicek sama kita terbangkitkan semangatnya. Karena motivasi itu dibutuhkan terus, meskipun motivasi itu diberikan terus oleh para pelatihnya baik saat Pelatda sampai sekarang,” kata Aher.

Demi mewujudkan “Jabar Kahiji”, Aher pun meminta kepada para atlet untuk menggunakan kekuatan dan kemampuan sepenuhnya. Untuk itu, atlet pun mesti mempunyai mental bertanding meraih kemenangan untuk mendapatkan prestasi yang diinginkan.

“Saya bilang kepada mereka (atlet) gunakan extra power atau tenaga tambahan. Jadi di situasi biasa tenaga tambahan itu tidak datang tapi di situasi dimana seseorang punya tekad dan niat yang kuat maka akan keluar itu extra power,” pinta Aher.

“Lalu filosofi pertandingan juga apabila ingin menang, ambil semua (medali). Jangan ada pikiran untuk berbagi, jadi dalam pikiran itu bagaimana harus menang dan mendapatkan medali sebanyak-banyaknya,” pungkasnya.

Cabor Wushu Jabar mengirimkan 11 atletnya untuk berlaga di PON XIX/2016 ini dengan target meraih 4 medali, 3 medali dari nomor Sanda dan 1 medali nomor Taoulu. Untuk cabor Tarung Derajat Jabar mengirimkan 15 atlet putra dan 5 atlet putri. Mereka akan berlaga di 10 nomor Tarung putra, 10 nomor Tarung putri, dan 5 atlet di nomor seni gerak putri dan campuran. Tarung Derajat menargetkan 5 dari 17 medali yang diperebutkan.

Sementara untuk cabor Sepatu Roda Jabar menargetkan 4 medali dari 16 medali yang diperebutkan. Jumlah atlet Sepatu Roda Jabar yang dikirimkan sebanyak 16 atlet. Untuk cabor Judo Jabar mengirimkan 30 orang atlet dengan pelatih 6 orang. Kontingen Judo Jabar terbagi dalam dua kategori, yaitu 2 atlet putra dan 2 atlet putri untuk kategori Kata, serta 12 atlet putra dan 14 atlet putrid untuk kategori Shiai. Tim Judo Jawa Barat menargetkan 8 dari 22 medali yang diperebutkan.(*)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: