» » » » 10 Juta Benih Ikan Ditebar di Waduk Jatigede

SJO, SUMEDANG - Proses penebaran ikan di Waduk Jatigede mendapat perhatian dari petinggi Pemprov Jabar. Tak tanggung-tanggung acara pelepasan ikan dihadiri Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dan Wakil Gubernur Jawa Barat. Deddy Mizwar serta beberapa pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Kita tanam ikan-ikan asli Jawa Barat seperti nilem, tawes, beureum panon, lalawak, sepat gabus. Itu semua jenis ikan khas Jabar‎," tutur Heryawan di sela pelepasan ikan di desa Jatibungur, Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang, Kamis (1/9/2016).

Desa Darmaraja merupakan salah satu ‎kawasan yang terkena dampak dari waduk Jatigede. Jalan menuju Malangbong, Garut terpaksa diputus lantaran digenangi air. Menurut Heryawan, sebetulnya jumlah ikan ideal dilepas di Waduk Jatigede sebanyak 25 juta ekor.

"Tahun depan mudah-mudahan 25 juta ekor. Itu jumlah ideal karena Waduk ini sebagai proyek percontohan," ungkap dia.

Setelah benih ikan ditebar 25 juta, selanjutnya setiap tahun pemerintah Jabar akan menebar ikan 4 juta ekor. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga stabilitas ikan di Waduk Jatigede.

"Kan ikan akan berkembang biak. Silahkan dimanfaatkan warga sebaik mungkin," tutur Heryawan.

Aher juga mengatakan, dengan menjaga kualitas ikan di waduk Jatigede, masyarakat akan terdorong sendiri dalam memperdayakan ekonomi. Aher berharap kedepan banyak rumah makan yang khas. Ikannya diambil langsung dari danau, ikan khas Jatigede. (rls)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: