» » » » Kereta Kencana Ki Jaga Raksa Hijrah ke Istana Negara

SJO PURWAKARTA. Pelepasan Kereta kencana yang dinamai Ki Jaga Raksa, milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta ini, ke Jakarta. Yang rencananya akan digunakan untuk membawa "sang saka merah putih",  bendera pusaka pada puncak peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2016, di istana Negara. "Kereta kencana yang bernama Ki Jaga Raksa, sengaja di pinjang oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, guna membawa bendera pusaka Indonesia." Kamis (11/8).

Dedi Mulyadi Bupati Purwakarta mengatakan, bahwa peminjaman kereta kencana, menjadi kebanggaan bersama bagi warga masyarakat Kabupaten Purwakarta. Karena, kereta kencana Ki Jaga Raksa, telah menjadi salah satu ikon Kabupaten Purwakarta yang mencerminkan refleksi sejarah kebudayaan di Purwakarta." Jelasnya di sela prosesi pelepasan Kereta Kencan. Kamis (11/8).

Dedi menambahkan, dalam momentum ini, Presiden RI Joko Widodo, telah berhasil memadukan dua unsur yakni unsur tradisi dan unsur kekinian dalam tatanan kenegaraan. "Karena Indonesia memiliki tradisi yang kuat akan kebudayaan nusantara." Tambahnya.

Di Upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 71, di Kabupten Purwakarta akan membuat upacara yang serupa apa yang direncanakan  Presiden RI, yakni memadukan atau melibatkan Unsur Militer Kerajaan (Tradisional) dengan Unsur Militer Modern (TNI). "Bukan sesuatu yang tidak mungkin, di Purwakarta yang recananya akan melakukan hal yang serupa dengan rencana Pak Jokowi Presiden RI."

Kerena, upacara bendera yang selama ini dilakukan dinilai kaku dan juga membosankan. Maka akan kita tambahkan dua ornamen yakni ornamen Tradisional dengan ornamen modern. "Supaya tidak Kaku juga tidak membosankan," pungkas Dedi. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: